Tips Menghafal Alquran dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula

0
57

Tips Menghafal Alquran dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula

LDIIKediri.com – Siapa sih yang tidak ingin bisa hafal semua ayat ayat Al-Qur’an? Pasti kita semua ingin menghafalnya karena mengetahui fadhilah dari orang-orang yang mampu menghafal Kalam Allah yang maha Karim.

Mengingat keutamaan orang yang hafal Alquran adalah dijamin masuk surga dengan Rahmat Allah SWT dan dapat memberikan mahkota kepada orang tua di surga kelak yang mana pancaran mahkota tersebut bisa menerangi dunia seisinya dan masih banyak lagi keutamaan lainnya seperti terhindah dari siksa api neraka. Namun kita sadari menghafal Alquran adalah bukan persoalan yang enteng. Menghafal Alquran membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang jernih.

Tetapi menghafal Alquran bukan hal yang mustahil dilakukan bahkan untuk orang tua yang notabene daya ingatnya melemah, sangat di anjurkan untuk menghafal Alquran, Karena selain untuk ibadah juga bermanfaat untuk olahraga otak supaya tidak gampang pikun.

Ada Beberapa cara menghafal Alquran yang bisa kita praktekkan di rumah:

  1. Niatnya harus karena Allah

Sebelum menghafal Alquran, hal yang pertama dilakukan adalah menata niat. Jadi kita harus menghafal Alquran itu niatnya semata mata beribadah kepada Allah, mencari pahala, mendapatkan ridho Allah. Dengan niat karena Allah kita bisa enteng atau tidak ada beban dalam menghafal Alquran, semua dilakukan dengan sak pol kemampuan. Jadi jangan menghafal Alquran karena ingin saingan dengan teman itu yang membuat beban dalam menghafal Alquran.

Dengan niat karena Allah, insya allah kita akan mendapatkan ridho dan pertolongan dari Allah. Yang sebelumnya otak kita hanya memiliki IQ score 30, karana kita niat karena Allah maka Allah menaikkan IQ kita. Sehingga enteng menghafal Alquran.

  1. Rajin lah Sholat tahajud.

Menghafal Alquran dengan sholat tahajud sepertinya tidak ada hubungannya. Namun sholat tahajud ini manfaat nya sangat bagus untuk menunjang hafalan kita. Karena dengan sholat tahajud doa kita sangat mustajab dan pastinya dikabulkan oleh Allah. Jadi dengan sholat tahajud kita bisa berdoa untuk kelancaran menghafal kita. Dan setelah sholat tahajud otak kita segar sekali. Jadi baik untuk menghafal Alquran.

  1. Sering melakukan murojaah (memulagi bacaan)

Murojaah adalah memulangi  ayat yang sudah kita hafal. Supaya semakin hafal atau mempertahankan hafalan kita. Gunakan waktu luang Kita untuk murojaah hafalan kita. Biasanya waktu yang efektif itu untuk murojaah itu adalah setelah sholat atau sebelum Sholat.

  1. Mentargetkan hafalan satu ayat perhari

Sebagai pemula jangan mentarget terlalu berat. Memulai lah dengan yang ringan. Bisa perhatian satu ayat saja. Setelah itu besok nya kita murojaah ayat yang sudah kita hafal terus di tambah satu ayat yang dihafalkan hari ini. Ketika kita merasa sudah enteng menghafal satu ayat satu hari. Selanjutnya kita bisa tingkatkan dua ayat satu hari. Begitu seterusnya.

  1. Banyak mendengar kan murotal.

Jika ingin otak kita menghafal Alquran dengan mudah. Salah satu nya jangan sering mendengarkan musik. Jagalah pandangan kita, jangan sering nonton TV, film, YouTube, Netflix, dan jangan memandang lawan jenis kita dengan hawa nafsu. Jadi lebih baik yang kita dengar kan adalah murotal. Selain bermanfaat untuk mempertahankan hafalan kita, juga untuk menambah hafalan kita tanpa tenaga yang ekstra.

  1. Istiqomah

Bersabarlah dalam proses menghafal, jangan frustrasi, jangan dibuat beban.  Lakukan dengan senang hati. Mungkin satu bulan pertama akan terasa berat. Tapi Insyaallah jika kita sudah melakukan nya selama 3 bulan. Maka aktifitas hafalan ini akan menjadi kebiasaan kita. Sehingga kita bisa enteng dalam melakukan hafalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here