Temanmu adalah Masa Depanmu

0
19

Temanmu adalah Masa Depanmu

Kita sebagai makhluk sosial yang setiap hari bergaul dan bercengkrama dengan banyak orang dari dan bermacam-macam karakter. Ada yang kita anggap sebagai teman dekat atau hanya sebagai hubungan sosial yang sehari-hari kita jalani. Banyak dari kita yang berubah karena teman pergaulan kita, baik dari sifat atau pun perangai yang biasanya santun lemah lembut bisa berubah menjadi kasar dan tidak sabaran karena bergaul dengan taman yang kasar dan tidak sabaran begitu pula sebaliknya, yang biasanya ahli maksiat karena dia membiasakan diri untuk bergaul dengan orang-orang sholeh akhirnya dia bisa lebih rajin ibadah, lebih sabar, lebih bisa menjaga dirinya dari maksiat.

Karena pada kenyataannya teman baik akan selalu mengajak kita pada kebaikan mengingat kita saat waktunya ibadah ,mengingatkan dan melarang kita saat kita akan berbuat maksiat atau sesuatu yang tidak baik. Sedangkan teman yang bergaul yang tidak baik atau ahli maksiat lebih cenderung acuh bahkan mengajak kita untuk berbuat maksiat juga. Jadi bukankah kita seharusnya memilih siapa teman bergaul kita karena itu akan berpengaru untuk masa depan kita, itu akan berpengaruh pada bagaimana sudut pandang kita, pada bagaiamana kita menyikapi sesuatau yang terjadi pada diri kita.bahakan Rusullulaah SAW, bersabda :

الْرَجُلُ عَلَى دِيْنِ خَلِيْلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ (رواه الترمذي)

Seorang laki-laki atas akhlak kekasihnya, maka hendaknya salah satu kalian melihat siapa kekasihnya.

مَثَلُ الْجَلِيْسِ الصَّلِحِ مَثَلُ الْجَلِيْسِ السُّوْءِ كَحَمِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيْرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ امَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَامَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيْحًا طَيِّبَةً وَنَافِخُ الْكِيْرِ اِمَّا اَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَامَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيْحًا خَبِيْثَةً (رواه ابن حبان)

Gambarannya teman duduk yang sholih dan gambarannya teman duduk yang jelek sebagaimana penjual minyak wangi dan peniup perapian/ubupan, maka penjual minyak wangi ada kalanya engkau membeli darinya,ada kalanya kamu menjumpai bau yang harum, dan peniup perapian/ubupan ada kalanya akan membakar pada pakaianmu da nada kalanya kamu menjumpai bau yang tidak sedap.

Dari sabda Rasullullah SAW diatas menunjukan betapa besarnya pengaruh teman bergaul kita sehari-hari terhadap sudut pandang seseorang kepada kita dan bagaimana pengaruh teman bergaul kita pada kehidupan kita. Bangun masa depanmu dengan bergaul disekitar orang-orang sholeh. Semoga kita selalu terlindung dari segala pengaruh kemaksiatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here