25.4 C
Indonesia
Wednesday, October 20, 2021

Dampak Negatif Bermain HP Bagi Balita

Dampak Negatif Bermain HP Bagi Balita

LDIIKediri.com – Usia balita adalah usia emas dimana anak menyerap banyak informasi pada usia ini. Tapi di era sekarang tidak jarang orang tua membiarkan bahkan memberikan sendiri HP kepada anak mereka dengan dalih agar tidak mengganggu pekerjaan orang tua tanpa menyadari dampak negatifnya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa dampak negatif bermain HP bagi balita.

Dampak negatif penggunaan gadget bagi anak usia balita

1. Mengganggu perkembangan otak anak

Radiasi yang dipancarkan dari HP dapat merusak jaringan syaraf pada otak anak. Hal ini menyebabkan perkembangan otak anak menjadi teganggu, sehingga memengaruhi kemampuan bereksperimen anak dengan pikirannya dan dalam menyerap informasi. Selain itu kondisi ini juga berpengaruh terhadap kemampuan anak dalam berkomunikasi dan pengambilan keputusan.

2. Tidak fokus saat belajar

Belajar di usia emas adalah hal yang penting, dimana 50% kecerdasan orang dewasa di dapat pada usia ini. Kecanduan HP pada balita membuat mereka kehilangan minat dalam belajar dan lebih memilih untuk memperhatikan layar HP mereka dari pada pemebelajaran dini yang diberikan. Tentu saja hal ini menggangu pertumbuhan anak dalam hal akademik dan perilaku sosial mereka.

3. Mengurangi daya tangkap otak dan kemampuan untuk mengingat

Kebiasaan bermain HP membuat anak berpikir dapat mengetahui segala informasi dengan mudah tanpa harus belajar dan mengingat. Jika otak anak tidak dilatih untuk mencatat, mengingat dan berpikir untuk menyelesaikan suatu masalah hal ini akan memengaruhi kemampuan otak dalam menyerap dan memproses informasi, selain itu anak juga akan mudah lupa tentang hal-hal yang mereka pelajari.

4. Memengaruhi interaksi sosial anak

Perilaku yang muncul akibat kecanduan HP adalah dimana anak lebih memilih untuk bermain dengan HP dibandingkan bersama teman-temannya. Selain itu anak juga menjadi lebih tidak peduli pada sekitar, mudah bosan dan mementingkan diri sendiri. Hal ini juga memengaruhi pendidikan moral anak dimana anak menjadi tidak sopan terhadap orang yang lebih tua.
Bagi para orang tua sebaiknya penggunaan HP pada anak usia balita lebih dibatasi mengingat dampak negatif yang ditimbulkan. Selain itu orang tua bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang membantu proses tumbuh kembang anak dan penyerapan informasi pada anak, sehingga anak tumbuh sehat, aktif, pintar dan berbudi luhur.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img