29.4 C
Indonesia
Sunday, October 24, 2021

Dampak Negatif Begadang Bagi Remaja

Dampak Negatif Begadang Bagi Remaja

LDIIKediri.com – Penggunaan internet dan jejaring sosial membuat angka begadang pada anak muda semakin meningkat. Padahal sudah banyak diketahui dampak buruk begadang bagi kesehatan. Selain dampaknya bagi kesehatan begadang juga memberikan dampak negatif dari sisi psikologis bagi anak muda. Berikut beberapa dampak negatif begadang dari sisi psikologis bagi anak muda.

Dampak buruk terhadap psikologis remaja karena begadang

1. Dapat menyebabkan depresi
Menurut Matt Walker, University of California, pada saat begadang ada satu bagian otak yang mengalami peningkatan aktivitas sebanyak 60%. Bagian otak yang terlalu aktif ini membuat kemampuan seseorang dalam mengontrol emosi menurun yang dapat menyebabkan stress dan amarah yang meledak-ledak. Stress yang berkepanjangan apabila tidak segera ditangani dapat menjadi penyebab depresi.

2. Menurunkan konsentrasi
Begadang menjadi salah satu penyebab menurunnya konsentrasi dan kewaspadaan. Biasanya remaja yang sering begadang akan lebih mudah lupa, bingung dan tidak dapat berpikir jernih. Kondisi ini membuat para anak muda sulit untuk berkonsentrasi dalam pelajarannya dan sulit untuk mengambil keputusan.

3. Memengaruhi perasaan
Pada saat orang terlalu sering begadang hingga kehilangan jam tidurnya menyebabkan perasaan seseorang menjadi kurang bahagia. Hal ini dijelaskan oleh Joyce Walsleben yang menyatakan bahwa perasaan bahagia dan tidur diatur oleh zat kimia yang sama dalam otak, sehingga ketika seseorang kekurangan tidur besar kemungkinan ia juga menjadi kurang bahagia.

4. Memengaruhi ingatan jangka panjang
Pada 2009 dua peneliti dari Perancis dan Amerika menemukan fenomena sharp wave ripples pada otak, dimana mengatur ingatan jangka panjang dan menguatkan memori. Fenomena ini terjadi pada saat anda tertidur, sehingga apabila kurang tidur proses penyimpanan memori jangka pajang akan terganggu dan dapat mengakibatkan depresi, perubahan sikap dan bahkan memicu demensia.

Itu adalah beberapa dampak negatif begadang bagi anak muda. Ada baiknya kita mulai disiplin dengan waktu tidur kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika memang ada tugas usahakan menyelesaikannya secepat mungkin, dan tidak bermain ponsel di tempat tidur. Tentu kita tidak ingin terjadi hal-hal buruk baik bagi kesehatan tubuh kita maupun kesehatan psikologis kita.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img