24.4 C
Indonesia
Thursday, October 21, 2021

Air Putih Memiliki Peran Penting Untuk Menjaga Imun

Air Putih Memiliki Peran Penting Untuk Menjaga Imun

LDIIKediri.com – Banyak orang yang sibuk dengan sebuah asupan vitamin untuk daya tahan tubuh, kadang air minum yaitu air putih menjadi salah satu elemen yang terlupakan oleh masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Air minum merupakan air yang selalu dikonsumsi manusia. Kebanyakan orang tentunya lebih memilih minuman yang memiliki rasa dari pada air putih yang rasanya tawar. Padahal, anjuran minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya atau setara dengan dua liter untuk mencukupi kebutuhan tubuh manusia apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 untuk menjaga imun tubuh hal yang sangat penting.

Dengan minum air putih tersebut, tubuh akan dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.  Menurut Departemen Kesehatan bahwa syarat-syarat air minum adalah tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Selain itu, Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002 Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum.

Air yang langsung dari sumber alam memang dapat diminum oleh manusia, tetapi terkadang masih terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya. Oleh karena itu, sebelum meminumnya harus mengolahnya dengan benar yaitu salah satu caranya dengan penyaringan dan perebusan.

Memang memasak air hingga 100 derajat dapat membunuh bakteri jahat namun ada beberapa zat berbahaya lainnya terutama logam yang tidak bisa dihilangkan dengan cara dimasak. Kemudian, disinfeksi kimia dilakukan untuk memurnikan air yang ada digenangan air ataupun wadah tertentu. Ataupun cara lain yang sesuai dengan syarat kesehatan sehingga nantinya bisa menjadikan air sumber dari alam dapat diminum oleh manusia.

Memang pada dasarnya banyak manfaat yang didapat ketika minum air putih yang bersih dan steril dari bakteri, akan tetapi sesuatu yang berlebihan tidak baik seperti halnya air putih tersebut karena menyebabkan hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img