Cuaca Ekstrem Perbanyak Minum Air Putih

0
3
Cuaca Ekstrem

LDIIKediri.com, Saat ini cuaca Kabupaten/Kota Kediri mencapai 36 derajat celcius sehingga terasa sangat gerah apalagi kalau dalam perjalanan menggunakan sepeda motor pada waktu menjelang shalat Dhuhur. Untuk menjaga kesehatan tubuh maka perlu memperhatikan beberapa hal agar aktifitas anda berjalan lancar, karena biasanya ketika cuaca ekstrem maka badan akan terasa lemas. Selain mewaspadai kondisi badan, anda juga perlu menjauhkan benda-benda yang dapat memicu api, jauhkan semua itu dari anak-anak karena sangat berbahaya.

Banyak minum air putih

 Fungsi air putih memiliki posisi yang sentral dalam tubuh kita, karena air putih sebagai alat untuk mengangkut oksigen serta nutrisi pada sel tubuh dan membuang kotoran dari sel tubuh. Maka dengan delapan gelas air putih setiap hari akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh serta menjaga metabolisme dan gangguan pencernaan sehingga dapat menekan asam lambung naik. Dr. Agus Sukisno juga menyarankan ketika cuaca panas agar memperbanyak minum air putih, karena cuaca ini akan berdampak pada penyakit pilek, batuk dan radang tenggorokan.

Minum air putih dua liter dalam setiap hari akan menjaga kesehatan tubuh, apalagi kondisi cuaca saat ini sangat panas, maka perbanyak minum air putih agar batuk, pilek dan radang tenggorokan tidak menyerang tubuh kita,” kata Agus Sukisno, Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri.

Ketika kondisi tubuh mulai melemah biasanya seseorang itu akan mengalami heatstroke, dimana suhu badan naik hingga 40 derajat celcius akan menyebabkan kerusakan otak hingga terjadi kematian di awali dengan mengigau, nafas tersengal-sengal dan merasa kebingungan.

Kurangi aktivitas di luar rumah

Tidak banyak orang yang memiliki kondisi badan stabil ketika suhu panas matahari meningkat secara ekstrem, oleh karena itu perlu waspada ketika beraktivitas di luar rumah. Karena selain panasnya paparan sinar matahari juga disertai dengan debu yang cukup tebal terbawa oleh angin. Jika tidak mengganggu pekerjaan sebaiknya gunakan masker saat diluar rumah, tidak terlalu memforsir tenaga berlebihan, sisakan beberapa menit untuk istirahat dan berteduh serta jangan lupa selalu membawa air minum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here