Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias

0
13
Ikan Hias Koi

LDIIKediri.com, Peluang usaha bisa datang dari sesuatu yang remah bahkan jarang di lirik oleh orang. Misalnya mengembangkan budidaya ikan hias, budidaya ikan hias jarang yang memperhatikan peluang usaha ini karena banyak yang menganggap ini adalah usaha recehan, hasilnya tidak terlihat besar tapi seribu dua ribu saja. Namun bagi mereka yang menekuni budidaya dan jual beli ikan hias ini hasilnya dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari bahkan ketika telah di kenal banyak orang bisa jadi kebanjiran pembeli apalagi kalau membuka peluang reseller.

Jual beli ikan hias ini cukup berkembang dari desa ke desa hingga kota besar, bila memiliki lokasi yang cukup luas maka kalian bisa membuat kolam besar sehingga dapat menampung ikan yang cukup banyak, namun kalian yang memiliki lokasi terbatas bisa menyiasati dengan menggunakan drum-drum besar untuk menempatkan ikan-ikan tersebut, selain itu harus di jaga jangan terlalu sering bahkan dibiasakan terpapar dengan panas sinar matahari karena ikan-ikan ini perlu jaga jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung apalagi dengan air yang terbatas.

Siapkan juga pompa air mini untuk membantu pernafasan dan gerak ikan tersebut, kalian bisa bayangkan dengan drum kecil di isi ikan terlalu banyak tanpa ada pergerakan air ikan-ikan tersebut bisa mengalami stres dan kesehatan ikan tersebut akan terganggu. Jadi selain penyesuaian wadah ikan, kalian juga harus memperhatikan pakan ikan, pakan ikan ini memiliki peran penting dalam perkembangan misalkan pakan dari infusoria, kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, serangga, kodok, dan ikan kecil, sedangkan pakan buatan biasanya dari pellet yang mana proteinnya bisa kalian sesuaikan dengan pertumbuhan ikan.

Agar ikan itu cepat berkembang maka pemilihan induk harus menjadi perhatian utama saat kalian memulai usaha ini. Perhatikan umur induk yang sehat dan cukup umur sehingga bertelor pada waktunya, kemudian kalian bisa memisahkan ketika umur sudah matang. Perlu kalian perhatikan tentang hama dan penyakit ikan hias, biasanya terdapat pada musim-musim yang menyerang ikan hias.

Dan tak kalah penting lagi adalah pemasaran, ketika kalian telah mengawali bisnis ini dari mulai pembuatan kolam dan sebagainya maka trik pemasaran bisa kalian pelajari misalnya kalian harus mencari pengepul besar yang menampung banyak ikan, gunakan media sosial dan aktif dengan konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here