3.5 C
London
Friday, January 28, 2022

Tips Agar Anak Tenang di Masjid

LDIIKediri.com – Mendidik si kecil melalui keteladanan dan pembiasaan sangat diperlukan karena secara alami si kecil akan mengamati dan meniru kebiasaan yang selalu dilihat dari lingkungan sekitarnya terutama orang tuanya, termasuk dalam hal urusan beribadah. Membawa si kecil ke masjid bisa jadi cara yang bagus untuk mengenalkan pada mereka tetang agama sejak usia dini. Sebab, semakin sering kita mengajak mereka ke masjid, semakin besar pula peluang si kecil untuk mencintai rumah Allah SWT tersebut.

Tapi biasanya anak kecil punya segudang tingkah laku yang membuatnya tak bisa diam. Begitupula saat mereka diajak ke tempat-tempat baru seperti masjid. Karena rasa penasaran mereka akan berlarian kesana kemari mengeksplorasi sudut-sudut masjid, apalagi kalau ada teman seusianya yang juga ikut ke masjid. Tak jarang mereka akan menangis di tengah sholat, kalau sudah begini orang tua pasti merasa tak enak hati dan khawatir perilaku si kecil mengganggu kekhusukan sholat jamaah yang lainnya. Nah, berikut ini tips yang bisa orang tua lakukan agar anak tenang di masjid.

1. Memulai Mengajari dari Rumah

Sebelum benar-benar membawa si kecil ke masjid, terlebih dahulu mereka perlu dibiasakan dengan suasana ibadah shalat di rumah. Selain mengenalkan pada mereka tentang shalat, cara ini juga bisa membuat mereka paham tentang aturan-aturan yang wajib ditaati ketika shalat sedang berlangsung, salah satunya adalah tidak boleh berisik atau ramai.

Jadi, mulailah latih anak dari rumah ya! Dan biasakan kepada mereka untuk mengerjakan shalat berjamaah di rumah supaya mereka familiar dengan situasi ramai yang nantinya akan mereka hadapi di masjid. Dengan begitu, mereka akan menerapkan hal yang sama ketika berada di masjid nanti.

2. Memberi Pengertian pada Anak

Ketika orangtua ingin mengajak si kecil ke masjid. Berikan pengertian kepada mereka soal konsep shalat, hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berada di dalam masjid, kemudian berapa lama shalat berlangsung dan lain sebagainya.Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi mereka rewel karena bosan, lelah, atau mengantuk. Beri pengertian ini berulang-ulang sehingga mereka mengerti.

3. Kenakan Pakaian yang Baik

Meski dimasjid si kecil tidak benar-benar mengikuti shalat, orang tua juga perlu memastikan agar mereka mengenakan pakaian yang baik dan layak sebelum membawanya ke masjid. Membiasakan anak berpakaian bersih rapi saat ke masjid secara tidak langsung akan menanamkan pemahaman pada mereka bahwa masjid bukan tempat sembarangan, dan oleh karena itu wajib datang dengan penampilan yang baik.

Jangan memakaikan kepada mereka baju yang biasa mereka pakai untuk main sehari-hari. Pakaikan jilbab atau mukena untuk anak perempuan, dan baju setelan lengan panjang/baju koko dengan pecinya untuk anak laki-laki.

4. Selalu Konsisten

Membawa si kecil ke masjid dan membuat ia terbiasa dengan suasana ibadah perlu dilakukan secara konsisten. Jadi, sebagai orang tua usahakan untuk sesering mungkin membawa si kecil ke masjid ya, terutama saat bulan Ramadan. Karena bulan Ramadan ini bisa menjadi momen yang tepat untuk mengajari anak beribadah di masjid.

5. Pastikan Anak Dekat dengan Orang Tuanya

Saat berada di masjid, anak kecil biasanya bingung melihat banyak sekali orang di sekitarnya, yang tidak mereka kenal. Tak jarang hal ini membuat mereka akan menangis di tengah sholat. Untuk mengantisipasi hal tersebut pastikan si kecil duduk persis di samping kita. Dan sebelum shalat dimulai beri tahu mereka untuk tenang dan jangan ke mana-mana. tempatkan mereka di shof sholat dekat dengan kita agar mudah diawasi. Dan usahakan jauhkan dari anak kecil lainnya apalagi teman main mereka sehari-hari.

- Advertisement -spot_imgspot_img
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here