25.4 C
Indonesia
Monday, September 27, 2021

Tips Menggunakan Aplikasi Zoom yang Aman

Tips Menggunakan Aplikasi Zoom yang Aman

Di masa pandemi saat ini, aktifitas berkumpul diluar rumah masih sangat dibatasi, kegiatan yang bersifat tatap muka seperti sekolah, bekerja dan beribadah semuanya  dikerjakan dari rumah secara virtual, diantara beberapa aplikasi video call yang ada saat ini, aplikasi zoom masih menjadi favorit dibanding aplikasi video call lainnya, hal itu dikarenakan aplikasi zoom dinilai lebih kaya fitur dan bisa menampung banyak peserta bahkan hingga ratusan jumlah peserta.

Namun diantara banyak kelebihan dari aplikasi zoom, tetap saja ada kekurangannya, diantaranya adalah pencurian data yang dulu pernah ramai diberitakan, hingga terjadinya zoombombing, yaitu saat seseorang yang tiba2 masuk ke pertemuan zoom dan membikin kacau padahal orang tersebut tidak diundang, sehingga pertemuan zoom menjadi terganggu.

Untuk itu agar tetap aman dalam menggunakan aplikasi zoom, berikut ini tips yang bisa dilakukan :

  1. Mengunduh Aplikasi Versi yang Terbaru

Agar mendapat fitur yang terkini serta keamanan yang lebih baik,sebaiknya kita mengunduh aplikasi zoom versi terbaru, karena setiap aplikasi biasanya secara berkala melakukan pembaruan untuk penyempurnaan aplikasinya.

  1. Tidak membagikan Tautan Secara Umum melalui Medsos

Bagikan tautan zoom, termasuk ID dan kata kunci ( password) hanya kepada orang yang akan menjadi peserta yang akan mengikuti ,jangan dibagikan kepada umum melalui media sosial.

  1. Selalu Menggunakan Fitur Waiting Room ( Ruang Tunggu)

Jika menggunakan zoom untuk acara resmi, sebaiknya selalu mengaktifkan fitur waiting room, sehingga ketika ada peserta yang akan bergabung, setelah login mengisi Id dan password, peserta masih harus menunggu diizinkan masuk oleh administrator, sehingga admin bisa menyaring dan memilih siapa saja yang boleh mengikuti pertemuan.

  1. Mengaktifkan Fitur Lock Meeting

Setelah semua peserta yang dibagikan tautan  sudah bergabung bila dirasa sudah lengkap pesertanya, maka kemudian bisa mengaktifkan fitur lock meeting, sehingga tidak akan ada peserta lain yang akan nyelonong masuk ikut bergabung.

  1. Kontrol Peserta dengan Mematikan Fitur-Fitur Yang Tidak Diinginkan

Agar lebih nyaman dan tidak ada gangguan selama menggunakan zoom, bisa dengan menonaktifkan fitur share screen dan mematikan microphone untuk peserta selain pembicara, fitur share screen dan microphone ini bisa dinyalakan kembali ketika dibutuhkan nantinya.

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -spot_img