21.4 C
Indonesia
Wednesday, December 1, 2021

Empat Strategi Utama Saat Jualan di Marketplace

LDIIKediri.com – Di jaman yang semakin modern ini sekarang kita bisa melakukan banyak hal tanpa harus keluar rumah, cukup lewat hp atau laptop dan jaringan internet kita bisa melakukan banyak hal seperti meeting, belajar mengajar, mencari informasi dan lain-lain.

Termasuk juga jual beli secara online apalagi ditengah pandemi seperti ini banyak hal yang tidak bisa kita lakukan diluar rumah dengan normal, sedangkan kita tetap harus memenuhi kebutuhan primer kita. Dan salah satu solusinya adalah berjualan online.

Perkembangan pengguna internet di Indonesia yang terus naik juga menjadi pasar yang sangat bagus untuk kita memulai berjualan online. Sekarang juga banyak e-comerce yang menawarkan kemudahan untuk memasarkan produk kita. Kali ini kita akan membahas hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kita berjualan di marketplace :

  • Tentukan di marketplace mana kita berjualan.

Yang pertama harus kita lakukan adalah kita melakukan survey dulu marketplace mana yang akan kita pakai untuk berjualan. Cari marketplace yang sedang viral yang banyak penggunanya. Bisa lihat di iklan tv, atau Tanya teman-teman kita marketplace apa yang sering mereka gunakan untuk berbelanja.

Karena setiap marketplace itu punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi sangat penting menentukan marketplace mana yang akan kita gunakan diawal sesuaikan dengan produk yang akan kita jual konsentrasi dulu aja pada satu marketplace  dulu nanti kalo sudah berlanjar lancar baru buka toko di marketplace yang lain.

  • Mebuat konten yang akan diupload

Hal berikutnya harus dilakukan adalah membuat konten produk kita. Mungkin ini adalah hal terpenting dari berjualan online. Buat konten produk kita sebaik mungkin dan semenarik mungkin. Siapkan dulu semua gambar dan video produk kita yang akan diupload. Siapkan juga deskripsi produk kita sedatail mungkin sehingga orang yang akan membeli produk kita bisa mengerti detail produk kita hanya dengan membaca deskripsi.

Dengan mempersiapkan konten yang akan kita upload terlebih dahulu akan lebih efisien saat kita mulai berjualan online karena kita tinggal upload gambar dan video yang sudah dipersiapkan dan copas deskripsi yang juga sudah kita persiapkan. Tips untuk toko yang baru buka usahakan upload produk sebanyak-banyaknya pada awal pembukaan toko. Kalo memang produknya sedikit bisa dengan mengupload ulang produk yang sama dengan cara upload sendiri-sendiri setiap variannya.

  • Promosi

Promosi sangat penting diawal kita membuka toko, karena dengan semakin banyaknya traffic pada toko kita kemungkinan orang akan beli juga akan semakin besar, dan itu bisa terjadi kalo dengan mempromosikan produk kita. Promosi bisa melalui iklan berbayar, sosial media , membuat konten promosi yang menarik atau dari mulut ke mulut. Bisa juga dengan memberikan diskon . voucher cashback dan lain-lain.

  • Memberikan pelayanan yang maksimal

jika ingin toko kita dikenal dan pembeli yang sudah membeli ditoko kita kembali membeli lagi barang kita , caranya kita harus membarikan pelayanan yang maksimal untuk para customer kita. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pelayanan toko kita seperti membalas chat dangan cepat, mengirim barang pesanan secepat mungkin, memberikan garansi, meningkatkan kualitas produk, produk yang dikirim haru sesuai dengan deskripsi yang sudah kita berikan dll. Dari semua empat faktor diatas harus disertai dengan niat, usaha, ketelatenan dan semngat pantag menyerah, karena pada dasar yang sulit bukan menjalankannya tapi memulai dan memperthankannya.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img