22.4 C
Indonesia
Thursday, October 28, 2021

Beberapa Dampak Buruk dari Kecanduan HP

LDIIKediri.com – Era digitalisasi semakin merebak beberapa tahun belakangan ini. Manusia menjadikan ponsel sebagai salah satu kebutuhan utama. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, ponsel pintar memiliki banyak fitur yang sangat mendukung pekerjaan manusia, juga mempemudah berbagai urusan. Ponsel dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi, bersosial media, berfoto, menggunakan peta digital, belajar, membaca buku, mendengarkan musik, berbelanja, dan masih banyak fungsi lainnya. Untuk itulah, hape tidak lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat saat ini.

Kecanduan HP menjadi kasus yang sering terjadi di era saat ini. Kecanduan yang dimaksud yaitu menggunakan hape dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Bahkan kecanduan hape membuat seseorang mengecek HP setiap saat dan sulit melepaskan HP dalam kesehariannya. Penyebab kecanduan HP juga bermacam-macam seperti karena asik bermain games dan memiliki motivasi kuat untuk terus memainkan games, ataupun kecanduan untuk bersosialisasi di dunia maya. Tentu saja kecanduan HP dapat memberikan dampak buruk yang mengkhawatirkan.

Apa aja sih dampak buruk kecanduan HP? Jadi kecanduan HP dapat memicu efek negatif seperti meningkatkan risiko depresi, ketergantungan terhadap HP, sulit bersosialisasi di dunia nyata, gangguan kecemasan, mengalami kesulitan untuk fokus terhadap suatu hal, kepribadian bipolar juga perilaku bermasalah lainnya. Bahkan, kecanduan HP juga disinyalir menjadi faktor utama yang memicu kemarahan dan gerak agresif seseorang, terutama ketika diganggu dalam bermain hape. Kecanduan HP juga merangsang rasa malas sehingga tidak menyukai melakukan aktivitas lain selain bermain dengan ponsel. Tentu saja dampak ini sangat buruk dan perlu dikendalikan.

HP merupakan teknologi yang hadir di era digitalisasi untuk memudahkan banyak hal dan pekerjaan bagi manusia. Namun, kehadirannya seharusnya digunakan dalam batas sewajarnya. Jangan sampai kita diperbudak oleh HP dan melalaikan segalanya. Untuk itulah, baik bagi seseorang yang sudah dewasa ataupun anak-anak penggunaan HP harus dibatasi agar tidak menjadi kebiasaan yang berubah kecanduan. Mengingat dampak buruk yang dihasilkan, penggunaan HP dapat dilakukan seperlunya saja.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img