21.4 C
Indonesia
Wednesday, December 1, 2021

Gunung Kelud Pesona Wisata Kediri Lagi

LDIIKediri.com – Gunung Kelud kini sudah dibuka, setelah beberapa waktu ditutup sebab dari diberlakukannya PPKM dalam rangka upaya menekan pencegahan virus covid-19. Sebelum memasuki kawasan wisata ini diwajibkan untuk menunjukan keterangan vaksin melalui scan barcode di aplikasi peduli lindungi.

Wisata Gunung Kelud memiliki hamparan keindahan alam yang luar biasa , kamu pasti akan berdecak kagum melihatnya dan tak akan pernah berhenti untuk mengucap syukur pada Yang Maha Kuasa. Gunung Kelud termasuk kedalam kategori gunung yang masih aktif. Gunung kelud mengalami erupsi yang luar biasa dahsyat hingga sebagian daerah di Jawa Barat ikut terkena dampak abu vulkaniknya.

Gunung Kelud sendiri merupakan sebuah gunung berapi berada di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang. Namun secara administratif Gunung Kelud terletak di Kabupaten Kediri. Kawasan wisata Gunung Kelud dibagi menjadi tiga zona, yaitu:

  • Zona Sirkuit Kelud, dengan menawarkan konsep yang memacu adrenalin.
  • Zona Agrowisata Margomulyo, merupakan hamparan taman bunga yang cantik.
  • Zona Produksi, area sentra kuliner dan oleh – oleh.

Adapun jam buka wisata Gunung Kelud di masa percobaan pembukaan setiap hari, senin – minggu. Adapun waktu terbaik mengunjungi wisata ini ialah dipagi hari, sebab pengunjung akan menjumpai tebalnya kabut yang sangat menyejukan, serta dapat bisa lebih mengeksplor lebih jauh lagi.

Fasilitas Wisata Gunung Kelud memiliki berbagai macam diantaranya, area parkir kendaraan, kamar mandi, warung – warung makanan dan minuman, pangkalan ojek, gazebo disepanjang jalan menuju kawah Gunung Kelud. Ketika hendak menuju kawah, pengunjung disarankan untuk jalan kaki sebab selain bisa sebagai sarana olah raga dan pengunjung dapat menikmati hamparan pemandangan yang cukup luas dengan jarak jalan mulai dari area parkir motor ke kawah dengan jarak 3-4 Km. Ketika tiba diarea kawah, terdapat larangan untuk pengunjung turun mendekati kawah, dan batas maksimal berada diarea kawah ini ialah hanya sampai pukul 17.00 WIB. Protokol kesehatan juga sangat diperhatikan di kawasan wisata ini, mulai dari himbauan memakai masker, sarana sanitasi, berjaga jarak, dan sebagainya.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img