21.4 C
Indonesia
Wednesday, December 1, 2021

Moral dan Etika Remaja Seiring Berkembangnya Zaman

LDIIKediri.com – Dalam upaya membangun generasi unggulan bangsa Indonesia tentunya generasi harus memiliki akhlaq yang mulia dan berbudi luhur ,karena  hal ini sangat berpengaruh dalam kemajuan suatu bangsa, terlebih lagi orang yang memiliki akhlaq yang baik lebih banyak di butuhkan baik itu dalam urusan kehidupan sehari-hari maupun kehidupan ber-Agama.

Melihat pasal tentang karakter anak bahwasanya sesuai dengan  undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3 dengan pambahasan fungsi pendidikam nasional yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa dan tujuan untuk mengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlaq mulia dan lain lain.

Tapi mirisnya seiring berjalannya waktu dan juga kecanggihan teknologi kini para generasi khususnya dari kalangan remaja banyak berkurang moralnya karena pengaruh dari banyak hal mulai dari perhatian orang tua kepada anaknya dan yang paling menonjol adalah pengaruh dari lingkungan tempat dia tinggal.

Salah satu contohnya adalah maraknya tawuran antar pelajar SMA/SMK, yang mana hal ini terkadang di latar belakangi dari masalah – masalah yang spele atau bahkan masalah pribadi lalu di bawa ke area sekolah sehingga hal-hal yang kecil bisa menjadi besar karena factor provokator yang berujung pada tawuran. Jika hal ini terus di biarkan maka dampak yang di timbulkan akan sangat besar, mulai dari kurangnya kerukunan antar umat, banyaknya penganiayaan dan yang paling parahnya lagi sampai ada korban atau bahkan pembunuhan.

Menyikapi hal tersebut maka perlu ada solusi atau tips agar meminimalisir atau mencegah pengaruh- pengaruh buruk yang di alami para generasi khususnya dari kalangan remaja, adapun tipsnya sebagai berikut :

  • Peran orang tua
  • Bekali diri dengan keagamaan yang kuat
  • Mengembangkan sikap peduli
  • Mengembangkan sikap toleransi yang tinggi
  • Pilih teman bergaul yang baik
  • Pendidikan karakter

Jika generasi zaman sekarang kekurangan moral lalu bagaimana negara ini bisa maju, maka dari itu tips di atas bisa menjadi solusinya.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img