21.4 C
Indonesia
Wednesday, December 1, 2021

Tips untuk Menguatkan Semangat Hidup

LDIIKediri.com – Sebagai manusia yang menjalani kehidupan pastinya kita tidak bisa terhindar dari berbagai macamnya masalah. Masalah datangnya secara tiba-tiba tidak ada yang bisa memprediksi kapan masalah datang dan kapan masalah itu selesai, sehingga membuat hidup kita semakin sulit dan terasa berat baik secara fisik ataupun mental.

Menjalani proses kehidupan tak selamanya akan menyenangkan dan tidak juga berjalan dengan mulus. Mayoritas orang merasa jenuh dengan hidupnya yang monoton tanpa adanya tantangan. Dengan begitu sering kali orang bertanya pada diri sendiri apakah jalan hidup yang dilakukan sudah paling tepat?.

Sering kali kita bicara dengan diri kita sendiri “aku bisa apa? banyak kekuranganku”. , “aku tidak berguna”. Kata-kata semacam ini sering kali muncul disaat kita merasa rendah diri. Ketika seseorang melakukan sesuatu dan ternyata hasilnya jauh dari ekspetasinya, nah disaat inilah orang tersebut  merasakan bahwa dirinya lemah merasa gagal.

Dalam kondisi seperti ini seseorang merasa ragu pada dirinya sendiri dan kehilangan motivasi untuk menjalani hidup. Untuk itu kita harus bisa mencintai diri kita sendiri, menjadi diri kita sendiri tanpa menjadi orang lain.

Maka dari itu kita supaya bisa menemukan kembali motivasi untuk diri kita sendiri, karena ketika kita kehilangan motivasi hidup maka bisa berdampak buruk pada kualitas hidup kita , misalnya depresi.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengembalikan dan menguatkan semangat hidup dengan cara memotivasi diri sendiri :

  • List beberapa tujuan untuk kedepannya

Tulislah target  apa saja yang akan dicapai untuk kedepannya, jangan sampai hanya berangan angan  yang tinggi akan tetapi tidak ada tindakan yang nyata untuk mencapainya. Tujuan tersebut harus sesuai dengan kemampuan diri kita sendiri dan dilakukan secara konsisten.

  • Hindari rasa takut yang berlebihan terhadap kegagalan

Setiap manusia pasti pernah merasakan kegagalan dalam prosesnya, ketika kita dihadapkan pada kegagalan kita supaya berfikir bahwa suatu kegagalan merupakan proses pembelajaran. Jangan sampai ketika kita mengalami kegagalan menjadikan kita putus asa tetapi kita supaya optimis dan menjadikan kegagalan sebagai pembelajaran agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

  • Memberikan reward untuk diri kita sendiri

Ketika kita berhasil untuk mencapai  tujuan yang sudah kita planing , adakalanya kita memberikan reward pada diri kita sendiri sesuatu yang bisa meningkatkan rasa semangat kita, menyenangkan diri kita, dan tentunya bermanfaat. Seperti membeli suatu barang yang kita inginkan . ini termasuk cara untuk menghargai pencapaian yang telah kita planing.

  • Self Healing

Self Healing diperlukan untuk memahami diri sendiri dan menemukan kembali kebahagiaan yang kita inginkan. Dengan self healing kita bisa menjadikan suatu penyesalan menjadi sebuah kekuatan sehingga bisa memunculkan motivasi pada diri kita sendiri. Misalnya kita berlibur, dengan cara berlibur kita bisa me-refresh pikiran kita supaya menjadi tenang.

  • Berfikir positif pada diri sendiri

Carilah kegiatan yang bisa menginspirasi diri untuk mencapai tujuan kedepan. Contohnya kita mengikuti acara seminar, membaca buku dan artikel yang bisa memotivasi diri.

Nah itulah beberapa tips memotivasi diri supaya kita bisa semangat  dan optimis dalam menghadapi hidup.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img