Nilai Rapor Anak Jelek? Ini yang Harus Dilakukan

0
22

Nilai Rapor Anak Jelek? Ini yang Harus Dilakukan

LDIIKediri.com – Setiap akhir semester, orang tua akan menerima rapor sebagai bentuk hasil ujian anak-anaknya. Kalau nilai rapor hasilnya bagus, anda pasti tidak segan memberikan hadiah pada anak.  Lalu, sebagai orang tua, apa yang harus anda lakukan ketika rapor anak anda jelek? Nah, kali ini saya akan memberikan tips mengatasi ketika rapor anak anda jelek.

  • Jangan emosi dan jangan keluarkan kata-kata makian kepada anak

Emosi atau marah-marah kepada anak ketika anda melihat rapor hasil ujiannya jelek adalah hal yang percuma, kenapa percuma? ya jelas aja, karena tidak merubah hasil rapor tersebut.

Selain itu jangan membanding-bandingkan rapor anak dengan temannya. kenapa? karena membanding-bandingkan anak dengan anak lainya  bisa membuat anak anda terpuruk, putus asa, hilang kepercayaan dirinya. Dan setelah itu anak anda akan enggan untuk belajar meningkatkan diri lagi untuk menjadi lebih baik lagi.

  • Bertanyalah kenapa rapornya jelek kepada anak

Jadilah orang yang bijaksana. Orang yang bijaksana dalam menangani persoalan adalah dengan bertanya terlebih dahulu. Tanyalah anak anda dengan cara yang halus dan tidak menghakimi, tapi tanyalah anak anda yang bisa membuat anak anda mawas diri.

Dengan bertanya dengan baik, anak akan lebih terbuka dan gamblang menjelaskan apa masalah yang anak anda alami. Jadi tanyalah kepada anak kenapa nilainya jelek pada mata pelajaran tersebut, kenapa nilainya jelek? kenapa susah memahami materi pada pelajaran tersebut?

Ya mungkin anak anda tidak suka dengan gurunya, mungkin mata pelajaran tersebut bukan favorit anak anda, dan tentu ada banyak lagi kemungkinannya.

  • Berikan solusi atau motivasi

Nah setelah bertanya, tentu anda akan semakin mudah untuk memberikan solusi, entah itu anda sendiri yang akan mengajarinya, entah itu anda akan memberikan les privat kepada anak anda pada lembaga belajar. Atau berilah anak anda motivasi untuk semakin rajin belajar.

selain itu anda juga bisa mencari solusi dengan menemui gurunya. Karena, tidak dipungkiri guru adalah seorang yang paling tahu anak anda ketika di kelas. Dengan begitu guru mungkin bisa memberikan solusi jitu untuk anak anda.

  • Ajaklah doa malam

Berikan nasihat kepada anak agar selalu berusaha dengan lebih keras lagi dan yang paling penting tidak lupa berdo’a. Ajarkan anak anda untuk sholat di sepertiga malam, karena saat itu adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Dengan berdoa, usaha belajar anak akan semakin lancar dan berkah.

Jadi, jangan memarahai anak anda ketika anda melihat rapor nilainya jelek. tapi jadilah orang yang bijak untuk anak anda agar anak anda bisa memperoleh nilai yang lebih baik lagi di semester depan.

kita telah menyadari bahwa rumus kesuksesan apapun di dunia ini adalah berusaha dan berdoa. keduanya harus seimbang, tak bisa di pisahkan salah satu, jadi keduanya harus dilakukan dengan seimbang.

Kita dapat amati sekarang bahwa banyak orang-orang yang yang kecewa ketika setelah berusaha dengan kerasnya, namun hasilnya gagal atau tidak sesuai angan-angan, atau  depresi  berat. Jadi ajaklah anak anda untuk sholat di sepertiga malam, karena saat itu adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here