Apakah RAM Besar Bikin HP Ngebut?

0
20

Apakah RAM Besar Bikin HP Ngebut?

LDIIKediri.com – Banyak dari kita yang berasumsi disaat HP kita lemot dalam menjalankan suatu aplikasi dikarenakan RAM HP kita kecil, sehingga banyak dari kita disaat membeli HP yang pertama dilihat adalah kapasitas RAM-nya. Padahal cepat atau tidaknya sebuah HP menjalankan suatu aplikasi tidak hanya ditentukan oleh RAM saja. Bahkan yang lebih berperan dalam kecepatan memproses sebuah aplikasi di HP adalah Chipsetnya.

Chipset atau SoC (System on Chip ) berperan sebagai otak dari sebuah HP. Chipset lah yang mengatur semua pengolahan data pada HP baik dari hardwere ataupun softwere. Semakin cepat sebuah chipset maka HP kita akan lebih cepat pula dalam membuka-tutup sebuah aplikasi. Sedangkan RAM adalah perangkat pada sebuah HP yang berfungsi untuk penyimpanan sementara data-data atau instruksi sebuah program.

RAM ini menentukan seberapa banyak Aplikasi yang bisa kita buka pada waktu yang bersamaan tanpa harus mengulang aplikasi tersebut dari awal atau lebih dikenal dengan Multitasking. Apakah RAM penting tentu penting apalagi untuk seseorang yang dalam kesehariannya dia mengharuskan HP nya mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan tanpa harus mengulang dari awal aplikasi yang telah terbuka karena bisa memakan waktu.

Terus bagaimana gambaran hubungan antara Chipset dan RAM dalam menjalankan program di HP? Kita bisa analogikan Chipset adalah Chef/Koki yang menyajikan makanan sementara RAM adalah mejanya. Kalo kita ingin makanan itu bisa cepat matang dan enak berarti kita butuh Chef yang berkualitas , dan Chef butuh meja untuk menyajikan masakannya.

Semakin besar meja makannya maka semakin banyak juga masakan yang bisa disajikan. Sama halnya dengan Chipset dan RAM, Chipset bertugas memproses sebuah data atau perintah dan menyajikannya dan RAM adalah tempat atau memory sementara untuk menyakan data atau perintah yang sudah di proses oleh Chipset.

Jadi sebelum membeli sebuah HP ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, lihat dulu seluruh spesifikasi HP tersebut, mulai dari Chipset, RAM, Kamera, System operasi, baterai dll. Sesuaikan dengan kebutuhan kita dan budget kita. Jadi ketika dating ke sebuah counter HP kita sudah punya gambaran mau beli HP yang model bagaimana dan merk apa. Supaya tidak terkena bujuk rayu dari seorang seles.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here