Ternyata Begini Cara Mengajari Anak Membaca

0
25

Ternyata Begini Cara Mengajari Anak Membaca

LDIIKediri.com – Kebanyakan orang tidak tahu tips cara mengajari belajar membaca pada anak,  sehingga jarang orang tua mengajari membaca  anak-anak mereka sendiri di rumah.

Perlu di ketahui, kita sebagai orang tua jangan sampai mempunyai keyakinan bahwa belajar membaca bukanlah proses alami yang terjadi dengan sendirinya. Melainkan proses belajar membaca membutuhkan pengajaran yang tepat dengan berbagai trick dan strategi.

Dalam memulai memberi pelajaran membaca pada anak, mulailah dengan  langkah-langkah yang cukup sederhana dan mudah, cara yang tidak mengekang anak, cara yang membuat anak tanpa disadari anak sedang belajar membaca.

  • Gunakan lagu anak-anak untuk membangun kesadaran fonemik

Salah satu keterampilan terpenting dalam belajar membaca adalah membangun kesadaran fonemik, kesadaran fonemik adalah kemampuan memahami bunyi yang bermakna dari bahasa tutur yang didengar oleh anak.

Lagu anak-anak tidak hanya menyenangkan melainkan membantu membantu mereka belajar membaca melalui mendengar suara  suku kata dalam kata-kata.

Jadi anda bisa menggunakan lagu anak-anak yang ceria dan menyenangkan, memang lagu anak anak di tahun 2000 an sdah tidak ada yang memproduksi, namun anda bisa memakai lagu anak anak di era 90 an yang terkenal dengan sisi edukatifnya, anda bisa  mendapatkannya di youtube.

Selain mendengarkan lagu anak-anak, bertepuk tangan secara ritmis dan melafalkan lagu secara serempak dapat membantu anak mengembangkan kesadaran fonemik. Kegiatan yang menyenangkan ini adalah cara yang bagus  bagi anak-anak untuk secara implisit mengembangkan keterampilan literasi yang akan mempersiapkan mereka untuk sukses membaca.

  • Buatlah potongan kartu huruf sederhana dari kertas

Gunting kartu dan tulis satu huruf yang berisi satu huruf  pada masing-masing kartu (misalnya A, B, C, D). Anda bisa membeli satu poster yang berisikan huruf-huruf alphabet kemudian gunting kecil-kecil menjadi perhuruf.

Ajaklah anak Anda untuk memilih sebuah kartu, kemudian lafatkan huruf tersebut, setelah itu ajaklah bacakan huruf tersebut bersama-sama.

  • Libatkan anak Anda dalam lingkungan yang kaya akan Bacaan

Buat lingkungan rumah anda penuh dengan tulisan yang mudah dibaca. Sehinggan menstimulus anak secara tidak langsung untuk membacanya.

Dengan Melihat kata-kata yang tercetak pada poster, bagan, buku, label dan lain-lain. Memungkinkan anak-anak untuk melihat dan membaca.

Selain itu saat anda bepergian, tunjukkan pada anak anak tulisan –tulisan  di poster, baliho, dan papan tanda. Pada awalan mungkin anda bisa melafatkan  kata pertama.

  • Rumah dan mobil bisa menjadi tempat untuk bermain kata

Permainan ‘ABC kata dasar’, yang dimana permainannya menyebutkan nama-nama hewan atau tumbuhan dari awalan huruf yang sudah di tentukan.

Permainan ini secara tidak langsung merangsang anak mengingat awakan huruf pada suatu benda.

  • Mendengarkan dan tirukan

Ajari anak mengeja sebuah kata dengan membacakan per suku kata, ketika orang tua membacakan persuku kata kemudian anak kita minta untuk mengulanginya. Pilihlah suku kata yang mudah contoh ba, bi, bu, be, bod an lain lain. Kemudian pilih kata yang mempunyai dua suku kata untuk di eja, contoh: baba, bata,mata dan lain lain. Hal ini bisa membantu anak untuk merangsang anak untuk membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here