Thursday, July 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeTahukah AndaManfaat Tidur Singkat di Siang Hari

Manfaat Tidur Singkat di Siang Hari

LDIIKediri.com – Ketika masih kecil, pasti orang tua sering menyuruh anaknya untuk tidur ketika siang hari. Namun, menginjak dewasa kebiasaan tidur siang ini menjadi sulit dilakukan mengingat kesibukan ketika dewasa semakin meningkat. Padatnya aktivitas membuat momen tidur siang menjadi terlewatkan. Padahal, ternyata tidur siang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya baik untuk tubuh, namun tidur siang secara cukup juga dapat menyehatkan mental. Tidur siang ini dapat dilakukan ketika ada waktu luang ataupun ketika istirahat panjang. Berikut merupakan manfaat tidur siang secara singkat:

Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Tidur siang diketahui dapat meningkatkan energi tubuh dan melancarkan aliran darah hingga orak. Oleh karena itu, tidak heran jika setelah tidur siang walaupun hanya singkat namun mampu membuat badan lebih fresh dan pikiran lebih segar. Tidur siang selama 15 hingga 30 menit ini membuat kita lebih fokus dan produktif dibandingkan hanya duduk beristirahat ketika kelelahan.

Memperbaiki suasana hati

Tidur siang dipercaya dapat meningkatkan mood sehingga membantu memperbaiki suasana hati. Apabila Anda sedang merasakan sedih, cemas, stress, dan gelisah Anda dapat melakukan relaksasi dengan tidur sejenak. Nanti-nya perasaan tersebut dapat lebih tersamarkan dan Anda jauh merasa santai dengan suasana hati yang baik ketika bangun. Hal ini lah yang membuat Anda dapat terhindar dari risiko gangguan mental, misalnya depresi.

Meningkatkan Daya Otak

Aliran darah akan semakin lancar menuju otak apabila Anda tidur ketika siang hari. Dengan demikian, tidur siang ini dapat meningkatkan energi dan kinerja otak. Bahkan dalam sebuah studi dinyatakan bahwa tidur siang bermanfaat untuk menambah daya ingat ataupun memori serta meningkatkan kemampuan otak dalam mengolah informasi dan mempelajari hal-hal yang baru.

Itulah beberapa manfaat tidur siang yang jarang diketahui. Apabila Anda memiliki waktu luang, alangkah baiknya untuk menyempatkan diri tidur siang walaupun sejenak. Akan ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan. Bahkan tidur siang ini juga membuat Anda lebih fokus dan tetap semangat beraktivitas di siang dan sore harinya.

LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments