17.1 C
London
Tuesday, August 9, 2022

Ketahui Manfaat Kopi Selain sebagai Minuman

LDIIKediri.com – Tak hanya dijadikan sebagai minuman, ternyata kopi juga memiliki manfaat lain. Kopi diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan yakni untuk mengurangi risiko berbagai penyakit seperti kanker, jantung, ataupun alzheimer. Namun, selain itu ternyata kopi juga memiliki manfaat lain yang tidak terduga. Bahkan kopi ini dapat dimanfaatkan dalam hal-hal di rumah tangga. Berikut merupakan manfaat kopi selain dijadikan minuman!

Kopi Untuk Mengusir Hama dan Serangga

Kopi diketahui memiliki kandungan diterpenes  dimana zat ini dapat menjadi toksin bagi serangga. Kandungan inilah yang membuat ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk mengusir berbagai hama ataupun serangga yang ada di rumah. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menaburkan ampas bubuk kopi pada area yang sering terdapat serangga misalnya di dekat tempat duduk. Apabila digunakan untuk melindungi tanaman dari serangan hama, maka Anda dapat menempatkan kopi pada tanah yang dekat dengan batang.

Melunakkan Daging

Kopi juga memiliki kandungan asam yang dipercaya dapat membuat tekstur dari daging menjadi lebih empuk dan lembut. Caranya pun sangat mudah yakni dengan mengoleskan bubuk kopi pada daging yang akan dimasak minimal dua jam sebelumnya. Dengan begitu daging dapat lebih lembut setelah di masak.

Menghilangkan Bau

Kandungan nitrogen yang terdapat dalam kopi juga dapat membantu menghilangkan bau kurang menyenangkan di ruangan, khususnya di rumah. Untuk menghilangkan bau pada kaos, kaki, baju olahraga ataupun sepatu Anda dapat memasukkan penyegar udara dari kopi sehingga menyamarkan bau tak sedap. Anda bahkan dapat memasukkan bubuk kopi dalam wadah tertentu yang dimasukkan ke dalam lemari es agar bau makanan busuk ataupun bau menyengat lainnya dapat lebih samar. Untuk menghilangkan bau pada karpet, Anda dapat memasukkan bubuk kopi yang telah mengering ke dalam saringan kemudian saringan diikat pada bagian atas dan diletakkan pada atas karpet yang memiliki bau tak sedap.

Membersihkan Noda Bandel pada Wajan dan Panci

Bubuk kopi memiliki tekstur yang cukup kasar sehingga cukup efektif digunakan untuk menggosok noda membandel pada panci dan wajan yang memang sulit dibersihkan. Cara ini diketahui cukup ampuh agar noda benar-benar bersih. Caranya juga cukup mudah yakni dengan menaruh bubuk kopi pada spons kemudian digosok seperti mencuci peralatan masak pada umumnya. Namun usahakan untuk mencuci dengan pelan dan baik.

- Advertisement -spot_imgspot_img
LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here