Tuesday, December 12, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomePengajian LDIIRemaja Putri 17 Tahun Keatas Ikuti Pengajian Khusus Thaharah

Remaja Putri 17 Tahun Keatas Ikuti Pengajian Khusus Thaharah

Kediri, (5/2). PC LDII Kecamatan Badas gelar pengajian bab Thaharah. Pengajian ini diikuti oleh remaja putri LDII PC Kecamatan Badas yang berusia 17 ke atas, pada minggu (05/2), di gedung persinas Kediri Timur Satu, sumber agung, Kediri.

pengajian yang diikuti 23 peserta tersebut merupakan tindak lanjut dari materi yang disampaikan ketua wanita LDII Kabupaten Kediri, Yuni Winarsih di gedung PPG Ponpes Nurul Azizah Balongjeruk, kecamatan Kunjang.

Ririn Nur Faidah, pemateri bab Thaharah menjelaskan, thaharah adalah bersuci dari sesuatu yang najis tujuannya untuk ibadah, sholat, untuk membaca Al-Qur’an.

“Thaharah adalah hal yang sangat penting untuk kita karena hal ini merupakan syarat sahnya sholat kita dan jika tidak bisa menjaga najis maka mendapat ancaman siksa kubur yang keji,” ujar Ririn Nur Faidah.

Ririn Nur Faidah juga menjelaskan, materi pertama yang kita pelajari dalam bab Thaharah yaitu cara mensucikan najis ringan, seperti mensucikan lantai yang terkena najis.

“Dalam mensucikan najis ringan, semisal jika ditemukan lantai yang terkena najis hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah satu bak suci, satu kain kering, dan 3 kain basah. Pertama bersihkan bagian lantai yang najis dengan kain kering terlebih dahulu kemudian taruhlah pada bak. selanjutnya lantai itu di pel dengan 3 kain yang basah secara satu per satu kemudian taruhlah di bak setelah selesai,” ucapnya.

Kemudian Ririn Nur Faidah juga menjelaskan cara mensucikan dari najis dari air kencing bayi yang masih menyusui.

“Jika pakaian terkena air kencing dari bayi yang masih menyusui maka cukup disiram dengan air suci sekali,” terang Ririn Nur Faidah.

Lebih lanjut Ririn juga menjelaskan bagaimana cara mensucikan dari najis besar, seperti jika terkena air liur anjing.

“Jika jika terkena jilatan anjing adalah cukup dengan dibasuh 7 kali dengan debu atau pasir kemudian dibasuh dengan air,” Jelas Ririn.

lebih lengkapnya beliau juga menjelaskan cara mencuci baju, cara mencuci baju yang terkena darah haid.

Pada kesempatan yang sama Elyas selaku pembimbing PC LDII Badas menjelaskan akan pentingnya Thaharah karena bagian dari ibadah. “Thaharah merupakan kegiatan ibadah kalau di dalam ayat menjelaskan maka dengan pakaianmu sucikanlah. Jadi sebelum beribadah pakaian harus dipastikan kesuciannya” ujar Elyas.

LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments