Tuesday, June 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeTahukah AndaMembiasakan Diri untuk Menabung Sejak Dini

Membiasakan Diri untuk Menabung Sejak Dini

LDIIKediri.com – Sewaktu kecil, orang tua pasti sering memberikan nasihat untuk menabung dan menyisihkan uang dengan nominal sekecil apapun. Kebiasaan menabung dan menghemat uang jajan memang diajarkan oleh orang tua agar anak-anaknya lebih menghargai uang dan mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang. Dengan celengan yang beragam dan unik, anak pun akhirnya menyukai kegiatan menabung ini.

Kebiasaan menabung memang harus dipupuk sejak dulu. Kondisi finansial seseorang memang tidak dapat diprediksi sehingga sudah sepatutnya untuk berjaga-jaga dengan menabung. Tabungan selain sebagai dana darurat di masa depan juga dapat menjadi sarana untuk mencapai suatu keinginan, misalnya menabung untuk menikah, menabung untuk membeli rumah, untuk umroh, liburan, dan sebagainya. Lalu mengapa sih kita harus membiasakan diri menabung sejak dini? Berikut merupakan manfaat menabung sejak dini:

  • Menabung adalah sarana agar tidak menjadi pribadi yang konsumtif

Ketika terbiasa menabung, maka kita tidak akan mudah untuk menghambur-hamburkan uang. Malahan kita menjadi sering menyisihkan uang jajan ataupun penghasilan agar sebagian dialokasikan sebagai tabungan. Dengan demikian, maka kita akan menjadi lebih mandiri dan terhindar dari hutang. Tabungan ini dapat membuat kia mengerem membeli barang-barang yang tidak berguna, dan berlaku sebaliknya yakni mengumpulkan uang untuk membeli barang yang memang menjadi keinginan. Kita akan lebih bijak menggunakan uang apabila sudah memiliki mindset untuk terbiasa menabung.

  • Melatih kedisiplinan

Menabung secara rutin juga disebut dapat melatih kedisiplinan. Walaupun tidak mudah, namun kita harus mulai menanamkan dorongan kepada diri untuk mencoba menyisihkan uang setiap harinya dan menabung. Kegiatan menabung ini dapat dilakukan di tempat yang tidak mudah diambil kembali, misalnya di celengan ataupun di bank. Dengan demikian, kita tidak akan tergiur untuk menggunakannya uang tersebut.

  • Melatih kesabaran

Menabung ternyata juga dapat melatih kesabaran dimana ketika menginginkan sesuatu kita tidak dapat mendapatkannya secara instan. Ada pengorbanan yang harus dilakukan. Banyak tujuan dilakukannya menabung, misalnya menginginkan melakukan sesuatu atau membeli sesuatu. Apabila kita sudah terbiasa menabung sejak dini, maka kita akan berlatih untuk sabar sebelum mendapatkan apa yang kita inginkan. Nantinya, ketika tabungan sudah mencukupi maka akan ada kebanggan tersendiri karena mampu mencapai keinginan dengan usaha menabung secara mandiri.

LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments