4.9 C
London
Friday, January 28, 2022

Hindari Investasi Spekulatif seperti Kripto

LDIIKediri.com, (18/12). DPP LDII adakan Webinar Seri Kamandirian Wanita pada, Sabtu 18 Desember 2021 secara virtual yang dikuti oleh perwakilan warga LDII seluruh Indonesia .

H. Dody Taufiq Wijaya, Ak, M.Comm, CA, Sekretaris Umum DPP LDII pada materi Pengelolaan Keuangan Keluarga menyampaikan sebelum berinvestasi dan memulai atau memperluas usaha perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini yaitu pastikan arus kas keluarga keadaan positif, tidak ada tanggungan hutang konsumtif, masih mendapat hutang berbiaya besar seperti pinjol, rentenir dan lain-lain, cadangan dana darurat sudah tersedia atau terpenuhi seperti jaminan kesehatan, dana darurat pendidikan dan lain-lain, punya perencanaan dan target yang jelas dari usaha dan investasi.

Dody Taufik Wijaya juga menyampaikan menurut survey beberapa lembaga tidak hanya di Indonesia di Amerika pun banyak yang lebih suka membayar sesuatu yang mereka suka daripada kepemilikan, seperti lebih suka mengeluarkan biaya untuk berlibur daripada beli rumah. Dalam hal pekerjaan, generasi muda saat ini cepat bosan dengan satu pekerjaan, mereka tidak mempan dengan insentif dan ingi cepat ganti posisi pekerjaan.

Pada tips dan trik yang disampaikan oleh Dody Taufik, Sekretaris Umum DPP LDII bahwa sebelum investasi harus ada uang lebih, jangan investasikan dana pada sesuatu yang tidak rasional, kondisi kas dalam keadaan positif, tidak punya hutang dan memiliki dana cadangan darurat.

Peserta Webinar Sesi Kemandirian Wanita – DPD LDII Kabupaten Kediri

H. Dody juga menyarankan investasi tidak ditempatkan pada satu tempat tetapi disebar itu akan lebih aman dan cari tempat investasi yang mudah dicairkan, sedangkan investasi yang bersifat spelukatif seperti money game itu perlu perlu diwaspadi dengan ciri-ciri wajib bayar di muka, menawarkan keuntungan tinggi, penjualan tidak resmi, disuruh mencari nasabah baru dan sebagainya.

Pada sesi tanya jawab, Zahra asal Daerah Istimewa Yogjakarta, bertanya apakah ada tips investasi syariah, H. Dody menjawab, urutan investasi yang aman ada beberapa contoh, deposito, seperti yang dijual oleh pemerintah, sukuk atau saham, kalau investor pemula jika pengetahuan terhadap perdagangan saham itu cukup bagus boleh tapi tidak disarankan bagi pemula, atau investasi di emas ini trendnya naik terus untuk investasi jangka menengah, bahkan sekarang pegadian syariah sudah menawarkan produk pembelian produk pembelian dan penjualan emas tapi hati-hati dengan provider yang menjanjikan namun tidak ada emasnya. Yang syariah harus ada barangnya atau kita nabung sendiri, agen penjualan emas sudah banyak di kota-kota kecil, dan emas itu paling aman.

Pertanyaan kedua peserta dari Langsa, menanyakan tentang kripto karansi itu termasuk investasi atau investasi spekulatif, menurutnya itu masih sangat-sangat spelukatif, dan ini masih dilarang serta tidak disarankan, selama hukum belum jelas keluar saja dari investasi tersebut.

Menurut Agus Sukisno, Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri, warga LDII Kabupaten Kediri ikut dalam webinar tersebut yang terbagi menjadi lima titik kumpul, dan materi yang disampaikan sangat bagus dan akan membantu cara mengelola keuangan mereka.

“LDII Kabupaten Kediri juga mengikuti webinar tersebut yang terbagi pada lima titik kumpul, materi sangat bagus sehingga membantu keluarga muda dalam membangun ekonomi mereka.” kata Agus Sukisno, Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri.

- Advertisement -spot_imgspot_img
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here