28.4 C
Indonesia
Saturday, October 23, 2021

DESA WISATA GUA JEGLES

DESA WISATA GUA JEGLES

LDIIKediri.com – Dusun Jegles Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri akhir-akhir ini menjadi terkenal dengan adanya desa wisata, banyak masyarakat dari berbagai daerah berkunjung. Ada apa dengan Dusun Jegles Desa Keling?.

“Pada hari minggu pagi pengunjung gowes sudah memenuhi tempat wisata tersebut. selang siang hari ada beberapa kendaraan roda dua dan empat mendatangi tempat tersebut.” Ujar Taufiq masyaratkat sekitar.

Dia juga sempat berkomunikasi kepada salah satu rombongan pengunjung yang ternyata berasal dari daerah Desa Warujayeng Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Mereka terlihat begitu antusias, semangat berwisata walaupun Cuaca agak terik.

Di Dusun Jegles ada sebuah gua diberi nama Gua Jegles. kesan mistis dan angker Gua Jegles terkenal di masyarakat Dusun Jegles dan sekitar, bahkan dipercaya terdapat ular besar sebagai penunggu dan dulunya gua jegles dipakai persembunyian tentara PKI.

Di tangan kepala desa Keling dan masyarakat sekitar Gua Jegles dirubah menjadi tempat wisata. Terdapat beberapa lokasi yang bagus nan eksotis untuk foto.

Pada bulan Maret 2019 Gua Jegles pernah menjadi tempat syuting acara Si Bolang. Disamping itu Desa Keling juga dikenal sebagai pusat mata air. terdapat sumber mata air didalam gua tersebut., yang mana dulunya dimasa kerajaan merupakan arung kuno atau saluran air bawah. Selain tempat wisata gua , pemerintah Desa juga menawarkan paket rafting yang menantang dan aman.

Pada masa awal pandemi corona pembangunan dimulai sampai sekarang. Proses pembangunan melibatkan karang taruna, warga sekitar dan LPMD. Pembangunan dimulai dari jalan ke lokasi, jembatan, sampai jalan ke tamanpun dibangun. Namun Pemerintah Desa berusaha menyelesaikan sampai tahap akhir termasuk belum tersedianya akses parkir dan lain-lain.

Selain menyelesaikan pembanguan, perangkat desa dan masyarakat berdiskusi membuat oleh-oleh khas Desa Keling. Disamping berwista di Gua jegles, rafting, pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh khas keling. Dengan demikian akan menambah pendapatan masyarakat sekitar.

Salah satu warga sekitar mengatakan “Disamping Pengenalan tentang budaya dan sejarah masa lalu, Diharapkan Dengan adanya Desa Wisata Gua Jegles di Desa Keling akan mampu mengangkat perekonomian khususnya masyarakat sekitar”.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img