21.4 C
Indonesia
Thursday, October 28, 2021

Ayo Cuci Tanganmu, Supaya Terhidar dari Bakteri

LDIIKediri.com – Dimasa pandemi seperti ini kita supaya memperhatikan kesehatan tubuh supaya terhindar dari virus corona. Mencuci tangan misalnya. Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dilakukan untuk mencegah penularan corona.


Kenapa harus mencuci tangan? karena tangan adalah perantara dari berbagai bakteri yang masuk dalam tubuh. Tanpa kita tahu kegiatan sehari hari membuat tangan bersentuhan dengan benda benda, misalnya sapu, pulpen, handphone, gagang pintu, dan benda benda lainnya. Sementara itu kita tidak tahu , apakah benda benda yang kita pegang terhindar dari bakteri?


Nah, dengan demikian kita wajib mencuci tangan supaya bakteri yang menempel pada tangan tidak masuk pada tubuh. Khususnya sebelum dan sesudah makan, sebab itu mencuci tangan di masa pandemi ini sangatlah diperlukan. Adapun tahap dalam mencuci tangan yang baik dan benar adalah :

  1. Basuhlah tangan dengan air mengalir yang bersih
  2. Gunakan sabun cair secukupnya
  3. Lalu gosoklah telapak tangan, adapun caranya menggosok tangan yang baik dan benar yaitu :
    • Basuh tangan dengan air mengalir hingga bersih
    • Terakhir keringkan tangan menggunakan handuk atau kain yang bersih

Selain dengan mencuci tangan, cara kita untuk menghambat penyebaran covid-19 ada beberapa cara untuk menghindarinya :

6 Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar
  1. Menjaga Jarak
    Selain mencuci tangan cara lainnya untuk menghambat penyebaran Covid-19 yaitu dengan menjaga jarak minimal 1 meter apabila berinteraksi dengan orang lain. Tujuannya apa? supaya kita bisa melindungi diri kita dari orang yang terkena infeksi virus Covid-19.
  2. Memakai masker
    Memakai masker adalah salah satu cara untuk menghindari virus Covid-19. Kenapa harus memakai masker? Karena virus Covid-19 ini menyerang pada area pernapasan. Untuk itu apabila kita berinteraksi dengan orang lain dan berpergian diwajibkan untuk memakai masker.
  3. Menjauhi kerumunan
    Kenapa sih kita tidak boleh berkerumun? karena semakin banyak kita bertemu dengan orang, maka kemungkinan besar kita terkena virus Covid-19. Oleh sebab itu hidarilah kerumunan.
  4. Mengurangi Mobilitas
    Adanya pemerintahan menganjurkan untuk mengurangi mobilitas, karena virus ini tidak tampak dan berada di mana saja. Untuk itu kita supaya mengurangi kegiatan kegiatan di luar rumah. Apabila tidak ada keperluan yang mendesak lebih baik kita berada di dalam rumah.

Anjuran yang benar dalam mencuci tangan yaitu dalam waktu 20 detik supaya bakteri yang menempel pada tangan bisa hilang dengan baik. Mudahkan mencuci tangan itu? Nah mulai sekarang kita jangan malas malasan untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan , supaya kita bisa terhindar dari virus corona. Ayok Cuci tanganmu !!!

Latest news

spot_img

Related news

spot_img