28.4 C
Indonesia
Saturday, October 23, 2021

Ibu adalah Sekolah Pertama Bagi Anak

LDIIKediri.com – Ungkapan ibu merupakan sekolah pertama bagi seorang anak memang sudah tidak asing lagi didengar. Hal ini juga bukan sekedar ungkapan melainkan fakta yang diyakini banyak orang. Mengapa? Tentu saja karena lingkungan pertama yang dikenal oleh seorang anak adalah keluarga. Bahkan sosok yang pertama kali dikenal oleh seorang anak adalah orang tua, terutama ibu. Ibu memegang peranan penting dalam tumbuh kembang seorang anak karena ibu memiliki tugas untuk merawat anak dari kecil hingga dewasa.

Tidak hanya faktor asupan makanan yang diberikan seorang ibu untuk meningkatkan tumbuh kembang anak, melainkan juga faktor asupan ilmu. Dengan kata lain pendidikan bagi anak. Seorang ibu dikatakan sekolah pertama bagi anak, karena ibu adalah pondasi pendidikan anak dalam keluarga. Selain merawat dan membesarkan, ibu juga harus membimbing anak ke gerbang kesuksesan. Ibu menjadi orang yang mendidik seorang anak pertama kali, mulai dari mengajari berbicara, merangkak, berjalan, hingga mengajari caranya makan, minum serta aktivitas lainnya. Seorang anak dapat menjadi dewasa dan mengerti banyak hal dimulai dari peran ibu yang secara telaten memberikan pengajaran dan bimbingan agar seorang anak dapat melakukan berbagai aktivitas secara mandiri.

Ketika anak sudah mulai tumbuh besar, ibu juga tetap menjadi sumber pendidikan utama bagi anak. Untuk itu, ibu harus memberikan teladan yang baik bagi anak-anaknya. Hal ini dilakukan karena anak merasa bahwa ibu adalah pendidik paling handal, sehingga hal-hal yang dilakukan ibu cenderung dianggap benar. Untuk itu, dalam sebuah keluarga hadirnya seorang anak perlu diperhatikan terkait kondisi lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak. Dari didikan awal, ibu harus mampu membimbing anak untuk melakukan hal yang positif sehingga tumbuh menjadi pribadi yang baik. Sebagai pendidik utama, ibu memegang peranan besar dalam menentukan sikap anak ketika dewasa. Sehingga sebagai seorang ibu yang memberikan didikan, bertindak tegas tidak ada salahnya agar anak-anak belajar menjadi pribadi yang lebih baik di masa selanjutnya.


Ibu memang bukan guru, namun ibu memiliki peran utama dalam menjadi sekolah dan ladang ilmu bagi anak-anaknya. Faktor keberhasilan dan kesuksesan seorang anak juga ditentukan oleh bagaimana ia dididik di pertama kali. Oleh karena itu, bagi seorang anak ibu adalah guru pertama yang mengajari anak untuk melakukan banyak hal hingga menjadi dewasa.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img