22.4 C
Indonesia
Saturday, October 23, 2021

Pasca Vaksin, Jaga Imun Tubuh dengan 4 Langkah Ini

Saat LDII mengadakan acara vaksin massal, Anies Baswedan mengunjungi acara tersebut di padepokan persinas asad pondok pesantren minhajurrosyidin. Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan bahwa vaksin merupakan ikhtiar untuk mencegah resiko tertular dari virus covid 19, kita tahu bahwa memang benar vaksin tidak mencegah penularan namun vaksin mencegah pergerakan tidak tertular virus covid 19, meskipun sudah vaksin harus tetap mengikuti protokol kesehatan sehingga kalaupun terpapar virus covid 19, maka gejalanya ringan atau bahkan tanpa gejala.

Anis juga mengungkapkan terimakasih kepada LDII yang telah menjadi wadah. Yang artinya LDII telah berhasil menjadi wadah bagi masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi covid 19.

Vaksinasi Di indonesia sendiri masih menggunakan vaksin astrazeneca dan Sinovac. Kabar terbaru covid 19 yang di kutip oleh Tempo.co, bahwa menurut penemu vaksin astrazeneca yakni Sarah Gilbert dalam webinar Royal Society of Medicine, covid 19 akan melemah menjadi flu biasa, hanya perlu waktu saja.

Sarah gilbert juga mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa manusia akan menghadapi pandemi di masa depan, namun sekarang dana untuk penelitian masih minim, padahal dana ini penting untuk penyembuhan penyakit oleh pandemi.

Di Indonesia juga mempunyai vaksin yang dibuat oleh eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Dikutib di health.detik.com vaksin Nusantara adalah jenis vaksin yang dikembangkan dengan menggunakan  sel dendritik. Sel dendritik ini adalah komponen sistem imun yang dikembangbiakkan di luar tubuh, kemudian sel dendrik dijadikan antibodi berupa vaksin.

Menurut health.detik.com Vaksin Nusanatara diklaim efektif untuk segala kelompok usia, mulai dari anak-anak, lansia, hingga orang dengan penyakit komorbid. Namun sayangnya belum ada hasil uji klinis yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait klaim tersebut.

Walaupun demikian Kepala BPOM Penny K Lukito menyatakan bahwa vaksin Nusantara initidak bisa dikomersialkan dan tidak diperlukan persetujuan premarket dari BPOM karena bersifat autologus atau individual.

Jadi apakah vaksin nusantara bisa dipakai untuk umum? Jawabannya bisa, menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmiz, Masyarakat yang ingin menggunakan vaksin Nusantara atas keinginan pribadinya, nantinya mereka akan diberikan penjelasan tentang manfaat hingga efek sampingnya oleh pihak peneliti. Kemudian, jika pasien tersebut setuju, maka vaksin Nusantara baru dapat diberikan atas persetujuan pasien tersebut

Jadi vaksin merupakan manfaat bagi kita untuk kedepannya. Namun jika anda belum vaksin segeralah mendaftar, sembari menunggu panggilan untuk vaksin jaga imun supaya tidak terpapar virus cofid 19.

Berikut Tips Agar Imun Tubuh Terjaga :

Jangan Stress Berlebihan

Mengapa tidak boleh stress berlebihan ? Jika stres berlebihan,dapat memicu acanya produksi hormon kortisol dalam jumlah besar. Ketika hormon kortisol tinggi, maka sistem imun dapat melemah.

Olah Raga yang Rutin

Agar tidak stress anda bisa melakukan olah raga rutin, karena olah raga selain bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga bisa meningkatkan fungsi microbial killing dan sitokin

Makan Makanan yang Bergizi dan Minum Air Putih

Makan makanan yang mengandung vitamin dapat menunjang sistem imun tubuh. Apalagi ketika sakit, maka makan adalah hal yang wajib, bahakan di paksa supaya badan tidak lemas. Selain makan tentu mineral juga sangat penting, karena mineral untuk membantu proses penyaluran vitamin di dalam tubuh ke anggota tubuh tertentu. Selain itu mineral juga  perlu untuk memenuhi kebutuhan tubuh, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Berjemur di Pagi Hari

Untuk menguatkan sistem imun tubuh juga bisa dengan cara berjemur di pagi hari untuk memperoleh vitamin D dan ultraviolet D.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img