29.4 C
Indonesia
Monday, September 27, 2021

Waduk Siman Wisata Alternatif Keluarga di Tengah Pandemi

Waduk Siman Wisata Alternatif Keluarga di Tengah Pandemi

LDIIKediri.com – Akhir pekan banyak dimanfaatkan keluarga untuk berlibur setelah penat dalam kegiatan rutinitas sehari – hari. Namun, ditengah pandemi seperti sekarang ini banyak tempat wisata yang ditutup dengan tujuan mencegah penularan virus covid-19. Wisata Waduk Siman yang terletak di Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, merupakan salah satu tempat wisata yang masih tetap buka serta digunakan oleh masyarakat untuk menikmati liburan akhir pekan.

Waduk Siman sebenarnya merupakan bendungan irigasi yang mulanya dimanfaatkan untuk pertanian di Kecamatan Kepung dan sekitarnya. Seiring berjalannya waktu karena menjadi salah satu objek tujuan wisata yang layak dikunjungi, mulai banyak warung dan pedagang kaki lima yang berjualan disekeliling Waduk Siman. Hal tersebut sangat cocok jika digunakan keluarga sebagai tempat untuk sekedar bersantai dan menikmati secangkir teh hangat, serta disuguhi dengan hamparan pemandangan pegunungan disekeliling Waduk Siman.

Keindahan pesona dan panorama di Waduk Siman memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab, lokasinya diampit rangkaian pegunungan dengan menyuguhkan keindahan pemandangan yang dapat menenangkan suasana hati. Panorama disekitar Waduk Siman ini dapat dinikmati dari berbagai macam sisi, sudi kiranya para pengunjung dapat berkeliling di sekitar Waduk yang memiliki luas kurang lebih 50.000 meter persegi, ini guna dapat menikmati keindahan alam disekitarnya.

Mujiono, pengunjung asal Kecamatan Pare Kabupaten Kediri mengaku, datang ke wisata Waduk Siman bersama keluarganya untuk refresing sekaligus olah raga, karena tempat dan udara enak. “Ini tadi bersepeda dari rumah  bersama anak istri dengan tujuan kesini, sekalian olahraga. Karena tempatya yang enak dan udara juga masih sejuk,” ujarnya (28/8/2021).

Selain itu, banyak orang yang mengaku menjadikan Waduk Siman sebagai obyek wisata air untuk alternatif berlibur ditengah pandemi. Karena hampir semua lokasi wisata banyak yang tutup. Meskipun demikian tetap terdapat himbauan – himbauan berupa informasi terkait penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat mulai dari berjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dan sebagainya.

Disisi lain Waduk Siman juga menjadi juga menjadi sumber mata pencaharian masyarakat di sekitar Waduk Siman terutama penjual makanan dan pedagang kaki lima yang lain, terutama warga Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Menurut Yuli Astuti salah seorang pemilik warung di Waduk Siman.

“Kami diperbolehkan berjualan disini, Selain itu ditempat ini juga sering mendapatkan pengawasan dari Polsek Kepung dan Babinsa setempat guna menerapkan protokol kesehatan.” ujar Yuli Astuti, pemilik warung.

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -spot_img