21.4 C
Indonesia
Sunday, October 24, 2021

Tips Tidur Berkualitas Agar Badan Kembali Fresh

Oleh : Imam Ali, Bagian KIM DPD LDII Kab. Kediri

Banyak orang yang mengaku tidurnya di malam hari kurang berkualitas. Hal ini disebabkan oleh banyak hal seperti banyak pikiran, terlalu kelelahan, tidur yang kurang cukup serta banyak hal lainnya. Tidur yang tidak berkualitas ini akan mempengaruhi kinerja seseorang di pagi harinya. Dapat dikatakan tidur yang tidak berkualitas mempengaruhi energi untuk beraktivitas juga menganggu keseimbangan emosi. Untuk itulah, berikut akan dibahas mengenai tips tidur berkualitas sehingga bangun di pagi hari memiliki kondisi badan yang lebih fresh.

  1. Menciptakan suasana tidur yang nyaman
    Tempat dan suasana menjadi faktor yang menentukan kualitas tidur. Pada tempat tertentu, mungkin Anda akan merasa tidak nyaman dalam tidur dan cenderung gelisah. Hal ini akan menganggu kualitas tidur. Untuk itu, Anda dapat membuat suasana tidur yang nyaman seperti mendesain kamar, menggunakan kasur yang nyaman, serta bantal dan guling yang nyaman dan terhindar dari sakit serta rasa nyeri.
  1. Mengoptimalkan waktu tidur
    Tidur yang berkualitas diperoleh dari waktu tidur yang cukup yaitu 6-8 jam perhari. Untuk itu, sebisa mungkin Anda tidak tidur larut malam ataupun bergadang karena akan menyebabkan tidur Anda tidak berkualitas. Anda juga dapat menetapkan jadwal tidur agar lebih konsisten dengan batasan waktu tidur tersebut.
  2. Menyelesaikan keperluan dan tugas yang meringankan beban pikiran
    Tidur yang tidak berkualitas sering dipengaruhi oleh pekerjaan atau aktivitas yang selalu dipikirkan sehingga ketika tidur cenderung cemas dan gelisah. Untuk itu, apabila ada suatu keperluan ataupun pekerjaan dapat diselesaikan sebelum tidur sehingga tidak banyak beban pikiran. Hal ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda sehingga lebih baik.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img