19.4 C
Indonesia
Tuesday, September 28, 2021

Tips Kuat Berpuasa untuk Pekerjaan Berat

Tips Kuat Berpuasa untuk Pekerjaan Berat

LDIIKediri.com – Puasa di bulan Ramadan pahalanya sangat besar dan termasuk ibadah wajib, jadi sayang sekali jika tidak menunaikannya. Puasa memang menahan lapar dan hawa nafsu dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari, hal ini jangan sampai membuat kita berkecil hati untuk menunaikannya walaupun sebagai pekerja berat. Dengan demikian kita akan membagikan tips kuat berpuasa.

  • Atur Konsumsi air putih

Kebutuhan terbesar oleh tubuh adalah cairan, jadi ketika puasa sebaiknya konsumsi air putih jangan sampai tidak teratur. pola mengatur konsumsi air putih seperti berikut:

  • Satu gelas ketika bangun tidur akan sahur
  • Satu gelas setelah makan sahur
  • Satu gelas saat berbuka puasa
  • Satu gelas setelah Sholeh Maghrib
  • Satu gelas setelah makan
  • Satu gelas setelah Sholay tarawih
  • Satu gelas sebelum tidur

Manfaat menjaga konsumsi air putih adalah supaya kita dalam menjalankan puasa tidak dehidrasi dan menjaga stamina tubuh tetap terjaga ketika aktivitas sehari hari. Ingat jangan minum air yang mengandung kafein, karena di khawatirkan kafein akan mengganggu jam tidur anda dimalam hari, sehingga pada siang hari akan lemas karena malamnya kurang istirahat.

  • Konsumsi makanan yang berserat, berprotein, mengandung magnesium dan potensium

Aturlah konsumsi makanan anda ketika buka puasa dan sahur.  sehingga energi yang dibutuhkan oleh tubuh senantiasa tercukupi. Ketika berbuka puasa konsumsilah buah yang mengandung serat dan gula alami yang tidak mengakibatkan gula darah melonjak naik dan makan makanan yang berprotein untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Saat sahur makanlah makanan yang membuat efek kenyang yang lama yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Makanan yang tinggi serat yaitu beras merah, ubi, kubis, bayam, wortel, brokoli. Selain yang berserat tinggi, Konsumsilah makanan yang berprotein tinggi untuk memberikan energi terhadap tubuh secara konstan.

Makanan yang mengandung protein tinggi yaitu tahu, tempe, kacang kacangan, telur , daging, susu kedelai. Selain itu makanlah makanan yang mengandung magnesium dan potasium, yaitu dengan mengkonsumsi jeruk, pisang. Bagi yang punya riwayat penyakit anemia bisa ditambahkan makanan yang mengandung zat besi  Seperti seafood, hati ayam.

  • Makan tiga kali sehari

Maksudnya bukan makan disiang hari ya, jadi walaupun di bulan puasa, kita bisa mengatur pola makan 3 kali sehari, yaitu pada buka puasa, malam hari sekitar jam 9 sampai jam 10 malam dan pada saat sahur. Tujuan nya supaya energi tetap setabil seperti pada hari siang hari, hal ini saya dapatkan dari cerita kuli panggul yang kuat bekerja memanggul beras ratusan kwintal beras walaupun berpuasa.

  • Niat berpuasa

Dengan niat berpuasa atau niat untuk beribadah maka mental kita automatis akan kuat, berbeda dengan orang yang tidak niat berpuasa atau terpaksa melakukan puasa maka mentalnya akan kecil dan dalam menjalankan puasa akan mengeluh kelaparan, bawaannya ingin membatalkan puasa aja. Banyak sekali orang yang niat berpuasa tapi lupa sahur, mereka tetap menjalankan puasa dan kuat sampai berbuka puasa.

Niatkan puasa untuk beribadah, karena ketika kita niatkan ibadah maka otak kita akan fokus melakukan ibadah, jadi kita berusaha untuk sepenuhnya beribadah, seperti zikir, sholat, membaca Al-Qur’an sehingga rasa lapar akan tidak terasa. Selain itu Insyaallah Allah akan memberikan pertolongan sehingga tubuh kita dikuatkan dalam menjalankan puasa.

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -spot_img