10.9 C
London
Monday, November 28, 2022

SDI Al-Muhajirien Adakan Outdoor Learning di SLG

Kediri, (24/11). Sekolah Dasar Islam (SDI) Al – Muhajirien Dsn. Tempursari Ds. Puhjarak, Plemahan, Puhjarak, Kec. Plemahan, Kab. Kediri Prov. Jawa Timur adakan Kegiatan Tengah Semester (KTS) pada Kamis, 24 November 2022 di Monumen Simpang Lima Gumul (SLG).

 KTS (Kegiatan Tengah Semester) adalah kegiatan rutin sekolah tahunan yang biasanya dilaksanakan di semester genap. KTS ini merupakan termasuk salah satu agenda sekolah sebagai  bagian dari pembelajaran pada murid.

Pada kegiatan KTS ini berbeda dengan kegiatan seperti biasanya, yakni belajar di kelas yang hanya mendengar serta melihat saja, tapi siswa bisa belajar langsung secará nyata dengan mengetahui sumber pelajarannya. Peran gurú pada kegiatan KTS ini yaitu mendampingi juga mengarahkan pada siswa dalam istilah lain KTS adalah belajart diluar kelas atau outdoor learning.

Sudah banyak yang membuktikkan bahwa dalam pembelajaran outdoor learning peserta didik terlihat antusias terhadap pelajaran yang ada di hadapannya, tak mengherankan jika mereka akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang kreatif dan secara tidak langsung mereka menggali keterampilan mereka dalam identifikasi serta observasi.

Hal yang tidak kalah penting dari apa yang siswa dapatkan saat ourdoor learning adalah sikap tanggung jawab, nilai-nilai, leadership, attitude, kerjasama serta kemampuan soft skill kemandirian.

Dengan melaksanakan pembelajaran outdoor learning, para siswa diharapkan tereksplor keingintahuannya sehingga mengasah kemampuan bertanya dan keberaniaannya. Mereka akan melakukan pengamatan langsung dan juga bisa menerapkan teori yang sudah mereka pelajari dikelas. Inilah yang menjadikan outdoor learning sebagai media pembelajaran alternatife yang efektif. Sehingga peserta didik senang ke sekolah, fun dan menyenangkan. Sehingga mempermudah siswa untuk memahami materi yang sedang dipelajari dengan baik.

spot_imgspot_img
LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here