Monday, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeWisataPesona Keindahan Air Terjun Nganjuk

Pesona Keindahan Air Terjun Nganjuk

LDIIKediri.com – Nganjuk merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur dimana menyimpan banyak pesona keindahan sehingga tak heran jika di Nganjuk terdapat banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Tempat wisata yang ada di Nganjuk pun diketahui memiliki berbagai nilai-nilai yang terkandung seperti nilai sejarah, budaya, bahkan terdapat juga cerita legenda dan hal-hal mistis.

Salah satu objek wisata yang cukup menarik adalah air terjun. Air terjun yang ada di Nganjuk diketahui masih sangat alami dengan pesona alam yang memikat. Terdapat dua air terjun yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menikmati liburan di Kota Nganjuk.

Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning menjadi salah satu wisata yang cukup hits di Nganjuk dan populer di kalangan banyak wisatawan. Air terjun Roro Kuning ini menampilkan berbagai pesona keindahan alam dimana tidak hanya air terjun dengan gemericik airnya, namun juga panorama pepohonan di sekitarnya.

Bahkan, di wisata Air Terjun Roro Kuning tersebut juga menyediakan berbagai spot yang instagrammable sehingga sangat menyayangkan apabila Anda tidak memotret banyak momen ketika berkunjung di Air Terjun ini.  Di wisata ini juga dilengkapi dengan wahana bermain anak sehingga cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Ketinggian air terjun Roro Kuning ini berkisar 10-15 meter dimana memiliki arus air yang turun tidak terlalu deras. Anda dapat mandi di bawah guyuran air terjun ataupun sekedar bermain air dan menikmati suasana air terjun yang menyejukkan.

Di wisata ini terkenal akan mitos yang masih cukup kuat dan dipercaya oleh masyarakat yaitu apabila dalam perjalanan menuju lokasi utama Air Terjun Roro Kuning dan mendapati terdapat air yang tiba-tiba mengalir atau basah, maka pengunjung harus mengurungkan niat agar membatalkan menuju lokasi utama.

Adapun Air Terjun Roro Kuning berlokasi di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Anda bisa berkunjung mulai jam 07.00 hingga 16.00 dan buka setiap hari. Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp5000,00 per kepala.

Air Terjun Sedudo

Air terjun Sedudo ini juga menjadi wisata yang hits dan populer di kalangan wisawatan. Banyak yang menjadikan objek wisata ini sebagai salah satu pilihan tepat ketika berlibur atau refreshing semata. Air terjun Sedudo ini memiliki pesona keindahan alam yang indah terutama dari aliran air terjun lengkap dengan bebatuan dan pepohonan yang sangat menyejukkan. Tidak hanya itu, air terjun ini juga dipercaya masih menyimpan misteri, legenda ataupun unsur budaya masyarakat sehingga eksistensinya masih dijaga oleh masyarakat setempat.

Adapun wisata air terjun Sedudo ini menyimpan budaya dan misteri dimana dianggap sebagai objek yang suci ketika masa kerajaan Majapahit. Untuk itu, air terjun ini tidak bisa dimasukki oleh sembarang orang pada masa itu. Air yang berasal dari aliran air terjun Sedudo ini juga dianggap air suci. Bahkan, hingga saat ini masyarakat setempat juga masih rutin menggelar upacara adat di kawasan tersebut.

Berbeda dengan air terjun Roro Kuning yang hanya belasan meter, air terjun Sedudo ini memiliki ketinggian mencapai 105 meter. Di objek wisata ini juga dilengkapi kolam khusus yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin berenang.

Apabila Anda ingin berkunjung ke air terjun ini, lokasi tepatnya yakni berada di Jalan Sedudo, Desa Ngaliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Untuk berkunjung ke air terjun ini Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp10.000 untuk tiket masuk. Jam kunjung air terjun Sedudo yakni dari jam 07.00 – 17.00.

LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments