Jika Ingin Berubah Mulailah dari Diri Sendiri

0
12

LDIIKediri.com – Jendral Jepang termasyhur, Nobunaga, memutuskan untuk menyerang meskipun jumlah prajuritnya hanya sepersepuluh dari jumlah prajurit musuh. Ia yakin bahwa ia akan menang, tetapi para prajuritnya merasa sangsi.

Dalam perjalanan menuju peperangan, mereka berhenti di sebuah kuil Shinto. Sesudah berdoa di dalam kuil, Nobunaga keluar dan berkata “Sekarang, aku akan melemparkan mata uang. Jika gambar kepala yang kelihatan, kita akan menang. Kalau angka yang kelihatan, kita akan kalah. Nasib akan terungkap sekarang,” ujar Nobunaga.

Ia melempar mata uang. Tampak gambar kepala. Para prajurit begitu bersemangat maju perang, hingga mereka menang dengan mudah. Hari berikutnya seorang ajudan berkata kepada Nobunaga “Tak seorang pun dapat rnengubah nasib yang sudah ditakdirkan untuknya,” “Memang betul,” kata Nobunaga, sambil menunjukkan mata uang rangkap, yang kedua sisinya bergambar kepala.

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللَّه بِقَوْمٍ سُوءًا فَلا مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ من وال

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali lak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS Ar-Ra’du:11)

عَنْ ثَوْبَانَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ “‏ لاَ يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلاَّ الْبِرُّ وَلاَ يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلاَّ الدُّعَاءُ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ ‏”

Dari Tsauban, dia berkata; bersabda Rasulullah ﷺ; “ Tidak menambah umur kecuali kebaikan, dan tidak menolak qodar kecuali doa dan sesungguhnya seorang hamba terhalangi dari rizkinya karena dosa yang dilakukannya.” (HR. Ibnu Majah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here