28.4 C
Indonesia
Monday, September 27, 2021

Inilah Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Bulan Ramadhan Telah Pergi, dan Hari Raya idul Fitri telah Kita Lalui, Namun Jangan Merasa Puas dulu, Sebab masih ada amalan sunnah yang perlu kita persungguh, yaitu ibadah puasa selama 6 hari di bulan Syawal.

Puasa syawal adalah ibadah sunah yang memiliki keutamaan luar biasa, sebab siapapun yang berpuasa di bulan ramadhan lalu berpuasa selama 6 hari di bulan syawal, maka orang tersebut seakan-akan berpuasa selama setahun penuh. Nabi Muhammad SAW Bersabda:

من صام رمضان ثم اتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر

Barang siapa yang berpuasa pada bulan ramadhan lalu dia mau berpuasa selama 6 hari di bulan syawal, maka dia (mendapat pahala) seperti puasa selama setahun penuh. (HR. Muslim)

Siapa sih yang mau dan mampu puasa sunnah setiap hari selama satu tahun penuh? tentu tidak ada yang mau dan mampu berpuasa setiap hari selama setahun penuh, walaupun pada kenyataannya melaksanakan puasa sunnah setiap hari juga dilarang oleh nabi. nah berarti ini adalah kesempatan luar biasa yang telah Allah berikan kepada kita untuk panen pahala, amalan yang sedikit tapi pahalanya besar, maka jangan sia-siakan kesempatan baik ini.

Jika setiap bulan Ramadhan kita berpuasa lalu setiap syawal kita berpuasa Selama 6 hari, maka berarti seakan-akan kita puasa penuh setiap tahun, atau bisa dikatakan kita berpuasa selamanya.

Nah pertanyaannya, kapan pelaksanaan puasa syawal tersebut? puasa syawal bisa dilaksanakan mulai tanggal 2 syawal sampai akhir bulan syawal.

Bagaimana cara pelaksanaan puasa syawal? pelaksanaan puasa syawal boleh dengan puasa selama 6 hari berturut-turut, boleh juga sehari puasa sehari tidak puasa, boleh setiap hari senin dan kamis, yang intinya pelaksanaan puasa syawal ini bebas, boleh diurut boleh diacak harinya.

Untuk itu, marilah kita semua berusaha untuk mengerjakan ibadah puasa 6 hari di bulan syawal sebagai bekal setelah kita setelah meninggal dunia. Sebab sesungguhnya surga diberikan bagi orang-orang yang mau beramal ibadah. Allah SWT telah Berfirman dalam surat Az-Zukhruf ayat 72:

وَتِلۡكَ ٱلۡجَنَّةُ ٱلَّتِیۤ أُورِثۡتُمُوهَا بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ

Artinya: Demikian itu Surga aku wariskan kepada kalian sebab amal ibadah yang kalian kerjakan.

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -spot_img