29.4 C
Indonesia
Sunday, October 24, 2021

Beberapa Gejala Covid-19 dan Pencegahannya

Beberapa Gejala Covid-19 dan Pencegahannya

LDIIKediri.com – Hampir seluruh Negara di dunia berusaha melakukan pencegahan penyebaran covid-19, namun respon yang sampai kepada masyarakat cukup beragam, ada yang patuh dengan protokol kesehatan dan sebaliknya, perlu di ketahui bahwa masing-masing orang memiliki respon yang berbeda terhadap COVID-19. Sebagian besar orang yang terpapar virus ini akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa perlu dirawat di rumah sakit.

Gejala ringan antara lain demam, batuk kering dan kelelahan sedangkan gejala sedang adalah rasa tidak nyaman dan nyeri, nyeri tenggorokan, diare, konjungtivitis (mata merah), sakit kepala, hilangnya indera perasa atau penciuman, ruam pada kulit atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki sedangkan gejala berat (perlu penanganan lebih lanjut) adalah kesulitan bernapas atau sesak napas, nyeri dada atau rasa tertekan pada dada, hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak. Jika anda mengalami beberapa gejala diatas jangan ragu untuk berobat ke rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk penanganan dan perawatan selanjutnya.

Apakah semua orang yang sakit dianggap covid ?

Tidak, karna mendiagnosa seseorang mengidap covid perlu pemeriksaan lain antara lain dilihat dari gejala sakitnya dan dari RS atau klinik setempat akan dilakukan pemeriksaan lab seperti rapid test, swab antigen atau swab PCR (polymerase chain reaction). Jika hasil dari pemeriksaan tersebut diketahui hasilnya negatif maka anda akan diarahkan di rawat inap non covid jika perlu perawatan selanjutnya. Jika hasilnya positif jangan takut atau stress karena covid bisa kita obati dengan cara selalu semangat, positif thinking, tidak stress, berjemur, olahraga ringan, minum vitamin yang cukup. Cara tersebut untuk anda yang memiliki gejala ringan. Tetapi jika anda sudah mulai sesak nafas, dari rumah sakit akan dilakukan pemeriksaan selanjutnya.

Adapun cara pencegahannya dengan adalah  dengan sering mencuci tangan terutama setelah keluar rumah atau beraktifitas dan mau makan, jaga jarak minimal satu meter, memakai masker setiap keluar rumah, minum vitamin, olah raga dan istirahat yang cukup dan makan sayur dan buah.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img