Monday, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBerita LDIIWanita LDII Gelar Seminar Kesehatan Gigi dan Mulut

Wanita LDII Gelar Seminar Kesehatan Gigi dan Mulut

Kediri, (3/10). DPD LDII Kabupaten Kediri melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga, menggelar Seminar Kesehatan Mulut dan Gigi secara online di Studio Pare – Masjid Baiturrohim.

Seminar tersebut diikuti remaja putri usia 5 SD sampai pra nikah di 37 PAC Se Korwil Kediri Timur 2 meliputi PC Kandangan, PC Kepung, PC Puncu, PC Pare dan PC Badas.

Andik Sunawan, Ketua Panitia Kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian LDII terhadap masa depan generasi muda utamanya Remaja Putri ditunjukkan menggelar Seminar Kesehatan.

“Sangat penting bagi remaja putri mendapatkan informasi maupun edukasi yang tepat tentang Kesehatan mulut dan gigi. Ibadah akan mudah dilaksanakan dengan badan yang sehat,” jelas Andik Sunawan.

Dalam kegiatan tersebut, Wanita LDII menghadirkan drg. Astika Kinanti Kusuma dan Sri Widayati sebagai pemateri untuk mengedukasi gigi dan mulut.

Menurutnya, kurangnya pemahaman remaja putri pada kebersihan dan Kesehatan gigi dan mulut dapat memicu munculnya berbagai masalah Kesehatan. Kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga, dengan gigi dan rongga mulut yang sehat, ibadah akan menjadi semakin semangat dan kepercayaan diri akan meningkat.

“Penyebab bau mulut diantaranya caries, gum disease, tonsil stones, oral diseases, some food dan masih banyak lagi. Akibat bau mulut tidak dihilangkan menyebabkan tidak percaya diri dan tentunya menganiaya teman,” tuturnya.

 Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku atau tidak memberatkan manusia, aku pasti memerintahkan mereka untuk bersiwak bersamaan dengan setiap kali shalat.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 887 dan Muslim, no. 452]

Kebersihan dan kesucian bukanlah hal yang bisa dianggap enteng, karena jika keadaan badan, pakaian, dan tempat tidak dalam keadaan suci dan bersih maka ibadah kita tidak akan diterima oleh Allah.

Sri Widayati menyampaikan mengetahui cara membersihkan diri Ketika haid dan setelah haid akan mencegah diri dari salah satu penyakit yang sering menyerang Wanita yaitu kanker serviks.

“Seminar ini sangat penting diadakan agar remaja putri mengetahui cara menyikapi haid pertama dengan baik dan benar, dan cara bersuci yang sesuai dengan perintah Allah dan Rasul. Karna urusan bersih dan suci berperan penting dalam urusan Ibadah,” papar Sri Widayati selaku narasumber.

Kegiatan seminar secara online tersebut merupakan langkah tepat Wanita LDII DPD Kab. Kediri dalam pencegahan penyakit gigi dan mulut, serta sangat mengedukasi dalam hal pemberian informasi tentang solusi dan penyebab adanya penyakit bau mulut.

LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments