Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomePendidikanMove On dari SNMPTN, Fokus Registrasi UTBK

Move On dari SNMPTN, Fokus Registrasi UTBK

LDIIKediri.com – Bagi adik-adik lulusan SMA/MA yang kemarin belum lolos pemeringkatan di sekolah dan tidak bisa mendaftar jalur SNMPTN cepet move on ya! Supaya bisa fokus pada pendaftaran UTBK 2022 dan mempersiapkan diri pada pelaksanaan ujian yang akan dilaksanakan pada bulan Mei—Juni mendatang.
Sejak 14 Februari 2022, LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) telah menetapkan jadwal bagi para pendaftar untuk melakukan registrasi akun. Selain itu, informasi terkait UTBK pada tahun ini akan dilaksanakan dalam dua gelombang dan dapat diikuti oleh siswa lulusan 2020, 2021, dan 2022 yang belum lolos pada jalur SNMPTN.
Seperti yang telah disebutkan di atas, UTBK 2022 akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung pada tanggal 17—23 Mei 2022. Selanjutnya, gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei—3 Juni 2022.
Pada laman LTMPT telah dipaparkan bahwa masing-masing siswa dapat memilih kelompok ujian saintek, soshum, atau campuran dengan ketentuan satu kali kesempatan tes. Adapun tiga materi tes yang akan diujikan meliputi TPS (Tes Potensi Skolastik), TKA (Tes Kemampuan Akademik), dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris.
Alokasi waktu untuk kelompok ujian saintek adalah 195 menit dengan materi ujian TPS, TKA saintek (matematika, fisika, kimia, dan biologi), serta bahasa Inggris. Begitu juga alokasi waktu untuk kelompok ujian soshum yang juga 195 menit dengan materi ujian TPS, TKA soshum (geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi), serta bahasa Inggris. Berbeda dengan alokasi waktu untuk kelompok campuran, peserta yang mengambil kelompok ujian campuran akan mendapatkan waktu 285 menit dengan materi TPS, TKA saintek, TKA soshum, dan bahasa Inggris.

a. Registrasi Akun LTMPT (14 Februari— 17 Maret 2022)
b. Pendaftaran (23 Maret—15 April 2022)
c. UTBK gelombang 1 (17—23 Mei 2022)
d. UTBK gelombang 2 (28 Mei—3 Juni 2022)
e. Pengumuman (23 Juni 2022)
f. Masa unduh sertifikasi UTBK (25 Juni—31 Juli 2022)

Adapun langkah-langkah terperinci yang harus dilakukan para calon peserta ujian adalah (1) registrasi akun LTMP dengan menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir pada laman ltmpt.ac.id, (2) login menggunakan akun LTMPT pada laman ltmpt.ac.id (3) verifikasi dan validasi data diri dengan cara menginput biodata dan pasfoto berwarna terbaru, (4) melakukan pendaftaran UTBK berupa memilih program studi, mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK PTN yang akan dijadikan lokasi ujian, dan mendapatkan slip pembayaran, (5) melakukan pembayaran di bank yang telah bermitra dengan LTMPT menggunakan slip yang sudah diterima, (6) mencetak kartu peserta melalui laman ltmpt.ac.id, dan (7) mengikuti ujian sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta.

LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments