Friday, February 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeBerita LDIILDII Kediri Ikuti Rukyat Hilal di Menara Masjid MAN Kandangan

LDII Kediri Ikuti Rukyat Hilal di Menara Masjid MAN Kandangan

LDII Kediri, (23/3). Kemenag kabupaten kediri gelar Rukyat Hilal sebagai penentu awal Ramadhan 1444 H pada Rabu, (22/3) di Menara Masjid Al Hidayah, Madrasyah Aliyah Negeri 3 kediri (MAN Kandangan).

Rukyat Hilal di menara Masjid Al Hidayah, MAN Kandangan dihadiri beberapa perwakilan ormas Islam diantaranya NU, Muhammadiyah, LDII, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, dan pondok pesantren, serta instansi lain yang ada di Kabupaten dan Kota Kediri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Achmad Faiz, dalam sambutan mengapresiasi kehadiran generasi muda yang terlibat dalam rukyat hilal, menurutnya keterlibatan generasi muda akan memberikan manfaat untuk kaum muslimin.

Rukyat Hilal ini sesungguhnya kegiatan yang sangat luar biasa dan terutama untuk kalangan muda, diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini untuk mencari bibit-bibit muda yang bisa menguasai ilmu astronomi,” kata Achmad Faiz.

“Kalangan muda jarang sekali tertarik kegiatan seperti ini, padahal ini merupakan ilmu yang harus di miliki, ilmu astronomi cabang ilmu yang sangat penting untuk kita pelajari, dan sangat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin termasuk untuk penentuan awal Ramadan,” terang Achmad Faiz.

Lebih lanjut, Achmad Faiz mengatakan di Kabupaten Kediri ada dua lokasi pengamatan hilal, di MAN 3 Kediri dan Desa Medowo.

“Kedepannya untuk pembelajaran bisa di laksanakan di Desa Medowo, belajar melihat hilal itu harus dilakukan karena  itu tidak semudah yang dilihat, perlunya ilmu agar tidak salah,” terang Achmad Faiz.

“Semoga kegiatan ini Allah memberikan kemudahan, kelancaran dan kebarokahan, harapannya hilal kelihatan. Hasil Rukyat Hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H,” harap Achmad Faiz.

Dalam kesempatan lain, Ketua DPD LDII Kabupaten Kediri, Agus Sukisno, mengatakan, pada Senin, 21 Maret 2023, LDII Kabupaten Kediri mengirimkan beberapa warganya untuk belajar Hisab Rukyat di Observatorium Lembang Kabupaten Bandung Barat.

“Kami mengirimkan generasi muda yaitu H. Abdul Karim, H. Rahmad Saudi, Ustadz Sudaryanto Ke pusat observatorium Lembang, Bandung Barat, untuk belajar secara langsung bagaimana proses Hisab Rukyat,” kata Agus Sukisno.

Peserta LDII yang hadir dalam pelaksanaan Rukyat Hilal di MAN Kandangan, H. Suwandra, H. Abdul Karim, H. Rahmad Saudi, Ustadz Mujito pondok keras dan Ustadz Sudaryanto.

LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments