17.1 C
London
Tuesday, August 9, 2022

Promkes Sumberjo Sosialisasikan UKBM di Pondok Blawe

LDIIKediri.com, (28/07). Dalam rangka Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui UKBM, (Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakata) Puskesmas Sumberjo Kecamatan Purwoasri adakan Sosialisasi Pembentukan UKBM Pesantren di Ponpes Pondok Blawe pada Kamis, 28 Juli 2022.

Menurut Masriatul Bariroh, S.K.M., Pj. Promkes PKM Sumberjo, goal dari sosialisasi ini diharapkan Ponpes Pondok Blawe mampu mendirikan Poskestren.

“Sosialisasi ini ditujukan untuk 15 santri putra dan 15 santri putri, mereka nanti diharapkan menjadi bagian dari pengurus kesehatan pesantren sehingga pesantren Pondok Blawe kesehatannya terjamin,” ujar Masriatul Bariroh, Pj. Promkes PKM UPTD Sumberjo.

Lebih lanjut, Masriatul Bariroh menjelaskan bahwa selesainya sosialisasi tersebut warga pesantren dan masyarakat sekitar dapat berperilaku hidup bersih dan sehat, selain itu mereka akan memiliki pengetahuan kesehatan dan dapat berperan aktif.

Memperagakan pesan berantai dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam pembentukan Poskestren

Masriatul Bariroh juga menjelaskan tentang tugas-tugas kader atau Santri Husada.
“Salah satu tugas Santri Husada adalah melakukan inspeksi sanitasi, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan pengelihatan, deteksi dini kesehatan, memberikan pelayanan kesehatan meliputi pemberian vitamin, oralit dan lain-lain serta melakukan pencatatan dan pemutakhiran data poskestren,” pungkas Masriatul Bariroh, S.K.M, Pj. Promkes PKM UPTD Sumberjo.

Hadir dalam sosialisasi tersebut pengurus Pondok Blawe, Masriatul Bariroh.SKM., PJ.promkes PKM Sumberjo sebagai pemateri, Sella Syahridha Rakhmayani, SKM., sebagai petugas Promkes, Welly Susanti DK,Amd, Keb., sebagai Bidan Desa Blawe.

- Advertisement -spot_imgspot_img
LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here