Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomePesantrenDinkes Kabupaten Kediri Gelar MMPP di Pondok Blawe

Dinkes Kabupaten Kediri Gelar MMPP di Pondok Blawe

Kediri, (28/5). Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dampingin Musyawarah Masyarakat Pondok Pesantren (MMPP) di Ponpes Pondok Blawe pada, pada Kamis (25/5).

MMPP adalah tindak lanjut setelah pembentukan Santri Husada dan Survei Mawas Diri (SMD) yang dilaksanakan oleh Puskesmas Sumberjo. Menurut Sriyati, Sie Promosi Kesehatan Dinkes kabupaten Kediri, bahwa pelayanan kesehatan harus dapat menyentuh masyarakat kecil.

“Poskestrean adalah penjabaran dari program gubernur dan di perkuat oleh Bupati Kediri, harapannya masyarakat kecil dapat tersentuh dan terlayani,” kata Sriyati, Sie Promosi Kesehatan Dinkes kabupaten Kediri.

Lebih lanjut, Sriyati, setelah melaksanakan SMD dan MMPP akan melakukan pelatihan dan kader. “Langkah kedepan, setelah SMD, dan MMPP akan di adakan pelatihan dan pembentukan kader di mana ditempatkan,” kata Sriyati.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala UPTD Puskesmas Sumberjo, drg. Petrip Budi Sulistyaningsih, diharapkan santri memiliki prilaku hidup sehat.

“Prilaku hidup sehat jangan saat pembinaan Poskestren, tetapi harus dilakukan secara kontinyu. Terbukti saat screaning banyak anak-anak yang memiliki masalah kesehatan gigi, Itu menunjukan Prilaku hidup sehat kurang dipraktekkan,” kata Kepala UPTD Puskesmas Sumberjo, drg. Petrip Budi Sulistyaningsih.

Ia juga membuka pelayanan penyuluhan untuk santri pondok. “Kalau membutuhkan penyuluhan silahkan berkirim surat ke Puskesmas untuk minta penyuluhan,” kata drg. Petrip Budi Sulistyaningsing.

Lebih lanjut, Pembina Ponpes Pondok Blawe, Abdul Rahman Said, berharap santri pondok mendapat petunjuk terkait Perilaku Hidup Sehat.

“Sekarang ini santri sudah merasa bersih, sudah bisa menjaga kesehatan tapi secara ilmu kesehatan belum sempurna, kami mohon petunjuk se jelas-jelasnya agar dapat menerapkan kesehatan di pondok blawe,” ujar Abdul Rahman Said, Pembina Ponpes Pondok Blawe.

Hadir dalam MMPP tersebut, Sriyati, Sie Promosi Kesehatan Dinkes kabupaten Kediri, Hariati, Sie Kesehatan Keluarga Dinkes kab. Kediri, Komarul Laili, Sie Kesehatan Lingkungan dan Kesjaor Dinkes kab. Kediri, Kepala UPTD Puskesmas Sumberjo, drg. Petrip Budi Sulistyaningsih, beberapa petugas Puskesmas Sumberjo, Kepala Desa Blawe, Hj. Khusnul Hidayati, Babinsa, Babinkamtibmas, Muslimat NU Kecamatan Purwoasri, pengurus dan guru pondok serta 15 Santri Husada Ponpes Pondok Blawe.

LDII Kediri
LDII Kediri
LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus membangun karakter profesional religius.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments