20.4 C
Indonesia
Sunday, December 5, 2021

Bersama Masyarakat, LDII Menang Perbaiki Jalan Longsor

Bersama Masyarakat, LDII Menang Perbaiki Jalan Longsor

LDIIKediri.com – Curah hujan di wilayah Kabupaten Kediri masih cukup deras, sehingga warga masyarakat perlu waspada dengan dampak curah hujan yang biasanya menyebabkan erosi atau sungai yang tersumbat sampah sehingga menyebabkan banjir. Oleh karena itu pada tanggal 29 Juni 2021 warga LDII Dusun Menang RT 004 RW 006, Desa Kras, Kecamatan Kras bersama warga lingkungan gotong royong memperbaiki jalan longsor akibat erosi sungai.

Menurut Sutrisno, Ketua RT 004 Dusun Menang, di lingkungannya terdapat 40 kepala keluarga di antaranya ada warga LDII yang rutin melakukan kerja bakti enam bulan sekali selain kejadian insidentil seperti memperbaiki jalan longsong akibat erosi. Sutrisno menambahkan tiap bulan warga kampung mengadakan pertemuan rutin setiap tanggal 16 sehingga kegiatan selalu bisa di bahas bersama.

“Di lingkungan kami ada sekitar 40 kepala keluarga yang di dalam ada warga LDII, Alhamdulillah warga lingkungan kami senang dan semangat  kompak ketika melaksanakan kerja bakti yang dilakukan rutin satu tahun dua kali kalau kemarin itu karena insidentil, kerja bakti kemarin juga dibantu dan ditunggui oleh Bapak Kepala Dusun serta Bapak Kasi Perencanaan Pembangunan,” kata Sutrisno, Ketua RT 04 Dusun Menang.

Sutrisno juga menambahkan bahwa desa membantu tiga sak semen dan dua paralon ukuran empat dim untuk ngecor dan menyalurkan air ke sungai agar tidak terjadi erosi lagi.

“Agar tidak terjadi erosi lagi maka kami melakukan pengecoran dengan tiga sak semen dan air kita alirkan ke sungai menggunakan paralon ukuran empat dim,” ujar Sutrisno.

Perlu diketahui bahwa erosi terjadi karena alam dan non alam, karena alam misalnya iklim, kemiringan, panjang lereng, sifat fisik tanah, dan vegetasi. Sedangkan non alam karena campur tangan manusia.

Erosi terjadi karena campur tangan manusia antara lain dilakukannya penggundulan hutan, penggunaan pupuk yang berpengaruh pada struktur tanah, mengubah lahan pertanian untuk pemukiman, terasering.

Adapun jenis-jenis erosi antara lain Erosi Percikan, Erosi Kulit, Erosi Alur, Erosi Parit, Erosi Internal Sungai, Erosi Tebing Sungai, Tanah Longsor.

Latest news

spot_img

Related news

spot_img